LSF Tuntas laksanakan Dialog dan Budaya Sensor Mandiri sebagai Program Utama Tahun 2022  14 Februari 2023  ← Back

Jakarta, 14 Februari 2023 – Sepanjang tahun 2022, Lembaga Sensor Film (LSF) menempatkan posisi sebagai lembaga negara independen yang menjalankan beberapa peran lintas sektor. Tidak hanya bersinggungan dengan dunia perfilman melalui tugas penyensoran, LSF juga membangun kolaborasi dan literasi secara masif. Setelah dua tahun berada dalam masa puncak pandemi Covid-19 yang membuat banyak agenda dan program kerja LSF harus ikut melakukan penyesuaian, pada tahun 2022 LSF memaksimalkan waktu yang ada dengan serangkaian program.

Dikatakan Ketua LSF, Rommy Fibri Hardiyanto, berdasarkan catatan LSF pada aplikasi Administrasi Sensor Berbasis Elektronik (e-SiAs), total jumlah materi sensor yang telah didaftarkan ke LSF mencapai 36.514 judul film dan iklan film. “Dari jumlah tersebut, kami melakukan penyensoran berdasarkan film asal negara, genre, dan klasifikasi usia. Khusus film bioskop, LSF menyensor 179 judul film impor dan 99 judul film nasional atau 64 persen film impor dan 36 persen film nasional.” ujar Rommy dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (14/2).

Sedangkan pada penyensoran ulang, disampaikan Rommy, pada tahun 2022 meningkat 16 persen dari tahun sebelumnya dengan jumlah 80 judul film dan iklan film. “Dari jumlah tersebut, setelah dilakukan penyensoran ulang, sebanyak 11,25 persen permohonan tidak dikabulkan,” imbuh Rommy.

Dalam penyensoran, diungkapkan Rommy bahwa LSF telah mengedepankan prinsip dialog dengan pemilik film yang disensor. Hal itu juga dipertegas dalam pasal 25 Peraturan Pemerintah RI No. 18 Tahun 2014 tentang LSF yang menyebutkan bahwa penyensoran film dan iklan film dilakukan berdasarkan prinsip dialogis dengan pemilik film dan iklan film yang disensor.

“Dialog dilakukan jika pemilik film atau iklan film merasa berkeberatan terhadap penggolongan (klasifikasi) usia yang ditetapkan LSF. Misalnya menurut pemilik film isinya masuk pada kategori 13+, tetapi menurut LSF masuk klasifikasi usia 17, maka dari situ nanti kita adakan dialog,” jelas Rommy.

Pada tahun 2022, dialog antara LSF dan pemilik materi film atau iklan film telah berlangsung sebanyak sembilan kali dengan tiga judul film, tiga program televisi, dan tiga festival film.

Pada fungsi pemantauan, tahun 2022 LSF telah melakukan pemantauan terhadap 292 objek di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) serta di empat daerah yaitu Medan, Solo, Pangkal Pinang, dan Jambi.

Pemantauan televisi dilaksanakan atas 9.861 tayangan di 19 stasiun televisi yaitu ANTV, RCTI, SCTV, Indosiar, Net TV, Trans TV, Trans 7, GTV, RTV, MNC TV, TVRI, Metro TV, Daai TV, I News, TV One, Cahaya TV, MMI TV, O Channel (Moji TV), dan IndonesianaTV.

Dikatakan Rommy, untuk jaringan teknologi informatika pemantauan dilaksanakan terhadap 4.038 tayangan dari tujuh layanan Over the Top (OTT) yang telah melakukan penyensoran, yaitu Disney+hotstar, Netflix, Maxstream, KlikFilm, MolaTV, WeTV, dan VIU.

“Pemantauan ini dilakukan untuk memastikan para pemangku kepentingan perfilman taat asas, baik dalam pembuatan maupun penanyangan film dan iklan film. Selain itu, pemantauan juga untuk memutakhirkan tren film terkini,” tutur Rommy.

Selanjutnya, sebagai capaian pada literasi, LSF telah mencanangkan Gerakan Nasional Budaya Sensor Mandiri (GNBSM) pada tahun 2021. Sepanjang tahun 2022, LSF telah melakukan 18 kali sosialisasi dengan tema yang berbeda. Sosialisasi dilakukan dengan dengan menggelar seminar nasional secara daring dan luring serta konsep kolaborasi.

“LSF bukan hanya melakukan penyensoran tetapi bergerak ke arah modern, salah satunya dengan mengampanyekan Budaya Sensor Mandiri yang langsung berkaitan dengan literasi masyarakat khususnya dalam literasi digital,” tutur Rommy.

Literasi juga direalisasikan dengan program Desa Sensor Mandiri (DSM). Tiga pilot project DSM dicanangkan di Desa Tigaherang, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat; Desa Manguharjo, Kecamatan Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur; dan Desa Candirejo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Pada tahun 2022 juga dilakukan inisiasi DSM di Desa Gekangang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur dan Desa Klungkung, Kota Denpasar, Bali.

“Pelaksanaan DSM ini kita bekerja sama dengan perguruan tinggi melalui gerakan Kampus Merdeka, kita harapkan dapat terus berkesinambungan,” ujar Ketua Komisi III LSF, Naswardi.

Lebih lanjut disampaikan Naswardi, saat ini LSF telah membentuk sahabat sensor mandiri sebagai bagian dari perpanjangan tangan dalam mengampanyekan agar masyarakat menonton sesuai dengan klasifikasi usia. Tahun 2022, kampanye telah dilakukan melalui tiga sasaran yaitu mahasiswa dan dosen yang kita kenal dengan LSF goes to campus, pelajar dan guru dengan istilah LSF goes to school, dan sasaran komunitas yaitu LSF goes to community. “Harapannya adalah masyarakat kita mempunyai kesadaran yang tinggi untuk menonton sesuai dengan klasifikasi usia,” ungkap Naswardi.

Dengan program-program yang telah dilakukan, tahun 2022 LSF mendapatkan penghargaan dari Ombudsman RI dengan peringkat ketiga Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik kategori Lembaga Negara.

“Tahun 2022 adalah tahun pertama LSF dinilai oleh Ombudsman RI dan langsung mendapatkan peringkat ketiga dengan nilai 88, 41. Kami sangat bersyukur, dan ini akan menjadi penanda bahwa LSF akan selalu melayani pemangku kepentingan perfilman dengan sepenuh hati,” pungkas Rommy. (Prima, Editor: Seno H.)







Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
    
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI        
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 66/sipres/A6/II/2023

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 709 kali