Peserta IISMA Perkaya Wawasan di Lima Perguruan Tinggi di Selandia Baru  27 Februari 2023  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek - Pada sesi informasi program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), yang berlangsung Senin (20/2) dan Rabu (22/2), lima perguruan tinggi Selandia Baru menyampaikan informasi umum seputar perguruan tingginya. Mereka adalah University of Canterbury, Otago University, Victoria University of Wellington, University of Auckland, dan Nelson Marlborough Institute of Technology; yang merupakan mitra program IISMA tahun 2023.
 
IISMA adalah program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri ternama selama satu semester yakni sekitar 4—6 bulan.
 
“Bagi mahasiswa Indonesia, program IISMA menjadi kesempatan unik untuk mendapatkan pendidikan kelas dunia di berbagai institusi pendidikan terbaik di Selandia Baru sambil mengenal lebih jauh tentang keindahan dan budaya di negara tujuan,” terang Senior Pengembangan Program dan Kemitraan IISMA, Hilda Cahyani, beberapa waktu lalu.
 
Dalam paparannya, kelima institusi perguruan tinggi tersebut menyampaikan informasi umum seputar proses pembelajaran, keunggulan, dan berbagai program yang ditawarkan kepada calon penerima beasiswa program IISMA 2023. Tidak hanya itu, perwakilan dari setiap institusi juga menunjukkan antusiasme mereka untuk menerima mahasiswa Indonesia yang akan belajar di Selandia Baru melalui program ini.
 
“Selandia Baru adalah negara yang menarik bagi mahasiswa dari berbagai penjuru dunia untuk belajar. Akan ada banyak tempat indah dan juga berbagai kegiatan menarik yang akan menambah pengalaman selama belajar di sini,” jelas Roger Armstrong dari Victoria University of Wellington pada sesi informasi yang diselenggarakan secara daring oleh Education New Zealand bekerja sama dengan tim pelaksana program IISMA 2023 selama dua hari.
 
Kegiatan ini menjadi ajang bagi calon penerima beasiswa IISMA 2023 untuk menggali informasi lebih dalam terkait perguruan tinggi mitra IISMA 2023 di Selandia Baru beserta program yang mereka tawarkan, dan membantu mereka untuk menentukan pilihan perguruan tinggi penerima. Selain itu, calon peserta IISMA juga dapat berinteraksi langsung dengan alumni masing-masing perguruan tinggi yang berasal dari Indonesia.
 
Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, menyampaikan apresiasi kepada pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di New Zealand dan Education New Zealand atas kerja sama dan kolaborasi yang telah terjalin dalam penyelenggaraan program IISMA.
 
“Seperti yang kita ketahui, Selandia Baru merupakan salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan yang terbaik di dunia. Melalui program IISMA, kami berharap bisa mengirimkan para peserta mahasiswa untuk belajar di institusi pendidikan terbaik di Selandia Baru,” tutur Rachmat.
 
Senada dengan itu, Ben Burrowes, Regional Director Asia Education New Zealand, menyatakan bahwa Selandia Baru siap mendukung berbagai program yang dilakukan Indonesia dalam mengirim mahasiswa-mahasiswanya untuk belajar di negara mereka.
 
Program IISMA tahun 2023 dapat diikuti oleh mahasiswa program sarjana maupun vokasi. Pendaftaran IISMA 2023 telah dibuka sejak 8 Februari s.d. 8 Maret 2023. Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat diakses melalui laman https://iisma.kemdikbud.go.id/ (Penulis: Tim MBKM/Editor: Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 201225 kali