Penguatan Karakter Perlu Libatkan Ekosistem Pendidikan  13 Maret 2023  ← Back

Pekanbaru, 13 Maret 2023 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) menggelar Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Penguatan Karakter bersama ekosistem pendidikan sebagai upaya dalam menggelorakan Profil Pelajar Pancasila, inklusivitas dan kebinekaan, serta penuntasan isu tiga dosa besar pendidikan. Kepala Puspeka, Rusprita Putri Utami, menyampaikan bahwa penguatan karakter merupakan ruh dari pendidikan Indonesia yang tidak terbatas pada kompetensi intelektual. Generasi bangsa harus memiliki pengetahuan dan pemahaman intelektual disertai karakter yang kuat berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

“Untuk menjadikan Indonesia semakin hebat, penguatan karakter di lingkungan pendidikan membutuhkan kolaborasi dan gotong-royong semua lapisan ekosistem pendidikan, mulai dari satuan pendidikan, pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, keluarga, dan masyarakat,” ujar Rusprita saat membuka kegiatan DKT di Hotel Novotel Pekanbaru, Riau, Senin (13/3).

Melalui DKT ini, Rusprita berharap seluruh lapisan ekosistem pendidikan akan dapat mengimbaskan implementasi materi penguatan karakter kepada satuan pendidikan yang ada di bawah kewenangan dinas pendidikan dan juga kepada masyarakat luas. Sementara itu, di level kebijakan teknis, pemerintah daerah diharapkan mempunyai aturan terkait penguatan karakter.

“Tidak hanya itu, daerah juga kita minta untuk melakukan sosialisasi dan kolaborasi program dengan komunitas terutama mengenai implementasi penguatan karakter,” imbuh Rusprita.

Lebih lanjut disampaikan Rusprita, tujuan utama kegiatan DKT Penguatan Karakter bersama Ekosistem Pendidikan adalah untuk menyebarluaskan materi-materi penguatan karakter sekaligus melakukan survei implementasi penguatan karakter, baik di satuan pendidikan maupun di lingkungan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, harapannya Puspeka dapat memperluas sasaran penyebaran kebijakan, program, dan konten yang kemudian dapat bergerak bersama untuk aktif membumikan Pancasila dan penguatan karakter,” tutur Rusprita.

Kegiatan DKT tersebut dilakukan mulai tanggal 13-15 Maret 2023 dengan melibatkan ekosistem pendidikan yaitu para pemangku kepentingan pendidikan di Tri Pusat Pendidikan terdiri dari satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat di Provinsi Riau. Selain itu, turut hadir secara daring perwakilan dari Provinsi Aceh, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Jambi, Lampung, dan Sumatera Barat.

Praktik Baik Penguatan Karakter

Kepala SMP Negeri 5 Kandis, Kabupaten Siak, Yeni Irdayati, mengatakan bahwa sekolahnya telah melaksanakan praktik baik penguatan karakter dalam kegiatan sehari-hari siswa. Menurutnya, proses pembelajaran dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), budaya, dan pembiasaan di sekolah.

“Program karakter di sekolah kami diberi nama Pemanis Cendekia yaitu Pelajar SMA N 5 Kandis Cerdas, Energik, Kritis, Inovatif, dan Agamis. Selain itu ada juga beberapa program penguatan karakter yang sudah kami laksanakan termasuk program Roots Anti Perundungan. Pada intinya, kami berusaha menanamkan nilai-nilai karakter di setiap kegiatan sekolah,” terang Yeni.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, Yadi Mulyadi juga menegaskan perlunya komitmen dan peranan pemerintah daerah dalam mendukung upaya penguatan karakter, baik di lingkungan satuan pendidikan ataupun masyarakat.

“Kami sudah melaksanakan penguatan kompetensi pengawas, kepala sekolah, dan tenaga pendidik, kemudian membenahi manajemen ekosistem sekolah. Kami juga mendorong sekolah untuk mengikuti program-program penguatan karakter dari Kemendikbusristek,” ujar Yadi.

Sementara itu, Pembina Komunitas Tuli Lancang Kuning, Santi Setyaningrum, memandang penting implementasi penguatan karakter khususnya bagi penyandang disabilitas seperti penguatan karakter terkait pemahaman toleransi dan keberagaman yang faktanya mampu meningkatkan kepercayaan diri para penyandang disabilitas.

“Dengan adanya penguatan karakter terkait pemahaman toleransi dan keberagaman inilah yang membuat masyarakat non-tuli, disabilitas, dan teman tuli saling berbaur tanpa memandang keterbatasannya,” ucap Santi.

Selain tentang toleransi, Komunitas Tuli Lancang Kuning Riau juga telah melakukan praktik baik penguatan karakter mengenai perilaku jujur, mandiri, kreatif, dan keberagaman atau inklusivitas.

“Harapannya, masyarakat juga dapat memahami tentang keberagaman sehingga terbangun ekosistem yang ramah terhadap penyandang disabilitas,” pungkas Santi. (Puput/ Prima, Editor: Seno)







Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
    
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI        
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 125/sipers/A6/III/2023

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 559 kali