Majalah BIODIVERS, Membuka Kekuatan Biodiversitas dengan Sains  03 April 2023  ← Back



Bogor, Kemendikbudristek -
Menjawab tantangan untuk senantiasa memberikan inovasi dan solusi dalam menjaga keanekaragaman hayati Indonesia, SEAMEO BIOTROP kembali menghadirkan terbitan terbaru dari BIODIVERS, majalah ilmiah populer internasional. BIODIVERS diterbitkan dengan semangat untuk memberikan media alternatif publikasi ilmiah namun dengan gaya bahasa yang ringan sehingga mudah dicerna baik oleh pembaca umum dan kalangan akademisi.              

Dr. Perdinan, Editor in Chief BIODIVERS menjelaskan bahwa BIODIVERS dirancang sebagai majalah ilmiah populer yang mengangkat isu-isu terbaru terkait keanekaragaman hayati tropis. Hal ini sejalan dengan slogan BIOTROP untuk menyelamatkan keanekaragaman hayati dari gunung hingga laut atau Saving Biodiversity from the Mountain to the Ocean (MOTO).

Untuk mendukung visi SEAMEO BIOTROP yang menjadi pusat bereputasi dalam pengelolaan biodiversitas di Asia Tenggara serta tujuan besarnya untuk mencapai Literasi Biodiversitas pada tahun 2030, BIODIVERS diharapkan dapat menjadi majalah ilmiah populer sebagai acuan dalam mempromosikan dan menerbitkan temuan, inovasi, dan perkembangan terkini dalam bidang biologi tropis bagi para ilmuwan, akademisi, dan praktisi dari seluruh dunia.

Melalui BIODIVERS, SEAMEO BIOTROP dapat meningkatkan visibilitas regional melalui keterlibatan SDM baik sebagai penulis, mitra bestari, ataupun sebagai dewan editor. BIODIVERS juga turut mendukung Indikator Kinerja Utama (IKU) Dikti dan Perguruan Tinggi nomor lima di mana hasil  kerja dosen digunakan oleh masyarakat.

BIODIVERS  disiapkan untuk menjadi media publikasi ilmiah populer yang terakreditasi dan terindeks secara global. Saat ini BIODIVERS telah memiliki International Standard Serial Number (ISSN), Digital Object Identifier (DOI) dan juga sertifikat merek. Terbit setiap bulan Januari dan Juli setiap tahunnya, artikel yang dimuat di BIODIVERS meliputi hasil penelitian, komunikasi singkat tentang kemajuan ilmu pengetahuan, hasil wawancara dengan tokoh, ulasan tentang topik tertentu, serta biografi singkat ahli terkemuka. Semua artikel yang diajukan untuk dipublikasikan di BIODIVERS telah melalui proses peer review dan proses editorial.

Ruang lingkup artikel yang diterbitkan di BIODIVERS meliputi (1) Restorasi dan konservasi ekosistem unik dan terdegradasi, (2) Pengelolaan berkelanjutan dan pemanfaatan keanekaragaman hayati, bioenergi, bioteknologi untuk mendukung ketahanan pangan, dan (3) Peningkatan ketahanan ekosistem dalam menghadapi perubahan iklim global.

BIODIVERS saat ini telah terbit 3 kali (Januari dan Juli 2022 serta Januari 2023) dengan tema Climate Change and Coastal Resilience, Save Biodiversity for Sustainable Well-Being, dan Agro-Eco-Edu-Tourism in Managing Tropical Biodiversity.

Edisi BIODIVERS selanjutnya akan diterbitkan pada bulan Juli 2023. Untuk itu kami mengundang para kontributor untuk dapat mengirimkan artikel ke BIODIVERS melalui email biodivers@biotrop.seameo.id. Majalah BIODIVERS dan panduan untuk kontributor dapat diakses melalui https://biotrop.org/biodivers. (Penulis: Sri Widayanti, Saiful Bachri, Haritz Cahya/Editor: Denty)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 883 kali