Dukung Penguatan Pendidikan Vokasi, Kampus Mengajar Kini Sasar SMK sebagai Sekolah Penempatan  20 Mei 2023  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek
- Program Kampus Mengajar kembali hadir dengan angkatan yang keenam untuk menjadi pendorong peningkatan kualitas pendidikan, termasuk pendidikan vokasi. Selain melibatkan mahasiswa vokasi sebagai peserta, pada angkatan keenam ini program Kampus Mengajar mulai memperluas cakupan sekolah sasaran ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
 
“Dengan bangga kami sampaikan kabar gembira bahwa program Kampus Mengajar akan memperluas cakupan sekolah sasaran. Jika awalnya sekolah sasaran di program Kampus Mengajar hanya ada di jenjang SD dan SMP, di angkatan ke-6 ini sekolah sasarannya kami tambah hingga ke jenjang Sekolah Menengah Kejuruan,” tutur Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati pada Sosialisasi Program Kampus Mengajar Angkatan 6 Tahun 2023 kepada Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) seluruh Indonesia yang diselenggarakan Rabu (17/5) secara daring.
 
Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program unggulan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk ikut berkontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia dengan menjadi mitra guru selama satu semester.
 
Dengan fokus pada peningkatan kompetensi literasi dan numerasi, pemilihan SMK sebagai sekolah sasaran menambah variabel baru dari capaian Program Kampus Mengajar. Harapannya, mahasiswa yang akan bertugas di SMK dapat memberikan asistensi mengenai penguatan literasi digital dan menjalankan program kerja yang membantu melatih kepemimpinan serta kemampuan komunikasi para siswa.
 
“Kita semua berharap, bertambahnya SMK sebagai target sekolah sasaran di Kampus Mengajar bisa menjadi dorongan yang kuat bagi kita untuk terus memperkuat kualitas pendidikan vokasi, tidak hanya di jenjang perguruan tinggi, namun juga pada tingkat sekolah kejuruan, sehingga kita mampu meraih visi Vokasi Kuat, Menguatkan Indonesia,” imbuh Kiki Yuliati.
 
Sebagai bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), program Kampus Mengajar telah berhasil memberikan dampak pada peningkatan kompetensi mahasiswa vokasi sejak keikutsertaan pendidikan tinggi vokasi di angkatan ketiga. Program ini menghadirkan pengalaman belajar yang unik bagi para mahasiswa, serta menjadi wadah untuk mengasah berbagai keterampilan teknis dan nonteknis. Di saat yang sama, kehadiran para mahasiswa juga memberikan dampak nyata pada peningkatan literasi dan numerasi siswa di sekolah penempatan.
 
“Tentunya, akan ada banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa di lapangan secara langsung, di mana nantinya mahasiswa akan dilatih untuk bisa dengan cepat mencari solusinya dan berinovasi menciptakan ide-ide baru yang dapat digunakan secara berkelanjutan di sekolah tempat penugasan. Oleh sebab itu, kami mendorong mahasiswa vokasi di seluruh Indonesia untuk mendaftar di program Kampus Mengajar Angkatan 6,” ucap Beny.
 
Periode pendaftaran program Kampus Mengajar Angkatan 6 telah dibuka pada 8 Mei hingga 28 Mei mendatang, yang disediakan bagi 21.500 mahasiswa terpilih. Para pendaftar akan mengikuti berbagai rangkaian seleksi sebelum akhirnya bisa diterjunkan ke 4.300 sekolah yang menjadi target sasaran mulai dari jenjang SD, SMP, dan SMK di seluruh Indonesia.
 
Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran program Kampus Mengajar Angkatan 6 dapat diakses melalui Instagram resmi Kampus Mengajar: @kampusmengajar; Laman MBKM Program Kampus Mengajar: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar; dan Surat elektronik Kampus Mengajar: kampus.mengajar@kemdikbud.go.id (Penulis: Tim MBKM/Editor: Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1268 kali