Kemendikbudristek Lepas 20 Mahasiswa Program IISMA yang Akan Belajar di Yale University  01 Juni 2023  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek -
Rangkaian pelepasan keberangkatan para mahasiswa yang terpilih sebagai peserta Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2023 resmi dimulai. Pelepasan pertama dilaksanakan pada Sabtu (27/05/2023) secara daring yang melepas 20 mahasiswa yang akan berangkat ke Yale University di Amerika Serikat.
 
Setelah dilepas secara resmi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), 20 mahasiswa tersebut akan berangkat pada Sabtu (27/05/2023) waktu setempat dan akan bertolak langsung ke Yale University. Sebanyak 20 orang mahasiswa terpilih menjadi peserta Program IISMA 2023 setelah melewati proses seleksi yang panjang yang dimulai sejak awal tahun 2023. Pada 14 April lalu, terpilih sebanyak 1.691 mahasiswa akademik dan vokasi yang akan belajar di berbagai perguruan tinggi terkemuka di seluruh dunia selama satu semester.
 
Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kemendikbudristek sangat bangga dengan 20 mahasiswa yang terpilih dan mendapatkan kesempatan untuk belajar di Yale University.

Rasa bangga tersebut tidak lepas dari fakta bahwa Yale University merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Selain itu, universitas tersebut merupakan salah satu dari kelompok Ivy League dan memiliki prestise yang sangat tinggi di kalangan akademisi serta telah melahirkan berbagai tokoh penting. Oleh sebab itu, bergabungnya Yale University sebagai host university merupakan kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan oleh mahasiswa Indonesia.
 
“Mengirimkan mahasiswa untuk belajar ke Yale University menghadirkan banyak tantangan. Tentunya karena lini masa pembelajaran yang berbeda serta proses meyakinkan Perguruan Tinggi Dalam Negeri (PTDN) untuk mau memberikan izin kepada mahasiswanya,” terang Rachmat.
 
Meskipun menghadapi berbagai tantangan, pada pelaksanaan pembukaan pendaftaran IISMA 2023 yang sudah berlalu, Yale University cukup banyak menarik minat mahasiswa Indonesia.
 
Alhamdulillah, ketika IISMA 2023 dibuka pendaftarannya ada lebih dari 100 mahasiswa yang memilih Yale University sebagai tujuan dan hari ini sudah ada 20 mahasiswa terbaik yang siap berangkat dan belajar di sana,” lanjut Rachmat.
 
Kesempatan belajar di Yale University juga diapresiasi oleh pihak PTDN yang berhasil mengirimkan mahasiswanya untuk belajar di sana. Universitas Indonesia contohnya, menyampaikan apresiasi kepada tim pelaksana Program IISMA karena sudah menjalin kerja sama dengan Yale University.
 
“Kami sangat bangga dengan mahasiswa yang saat ini sudah mempersiapkan diri untuk berangkat. Tidak lupa kami ucapkan selamat kepada para orang tua karena sudah mengantar anak-anaknya hingga sampai titik ini,” kata Astha Ekadiyanto, Direktur Center of Independent Learning Universitas Indonesia.
 
Selain dihadiri oleh perwakilan PTDN dan mahasiswa terpilih, kegiatan ini juga menghadirkan orang tua mahasiswa yang menyampaikan rasa terima kasih kepada Kemendikbudristek atas kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa untuk belajar dan menambah wawasannya melalui Program IISMA.
 
Kegiatan pelepasan ini kemudian diakhiri dengan penyampaian komitmen oleh mahasiswa sebelum akhirnya berangkat ke Amerika Serikat di hari yang sama.
 
“Kami para mahasiswa berkomitmen untuk tidak hanya bersungguh-sungguh menjalankan studi kami selama mengikuti Program IISMA, tapi kami juga siap untuk menjadi duta bangsa yang memperkenalkan budaya Indonesia di negara yang kami tuju,” tutur Tabina Azalia Oktara, peserta IISMA 2023 yang berasal dari Universitas Gadjah Mada.
 
Program IISMA 2023 sendiri pada tahun ini akan memberangkatkan sebanyak lebih dari 1.600 mahasiswa. Sejak diluncurkan tahun 2021, terdapat lebih dari 20.000 mahasiswa telah mendaftar ke Program IISMA dan sebanyak 3.797 mahasiswa akademik maupun vokasi telah dikirim ke luar negeri untuk mencari pengalaman, memperkaya  wawasan, dan mengenalkan budaya Indonesia ke berbagai penjuru dunia. Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat diakses melalui laman https://iisma.kemdikbud.go.id/ *** (Penulis: Tim MBKM/Editor: Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 616 kali