Kurikulum Merdeka Mendorong Terciptanya Insan Pendidikan Berkualitas dan Berkarakter  06 Juni 2023  ← Back

Kabupaten Gresik, 5 Juni 2023 --- Kurikulum merupakan salah satu alat penting dalam mendukung guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Anindito Aditomo saat menyampaikan sambutan dalam acara Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang diselenggarakan di Kabupten Gresik, Jawa Timur, Minggu (4/6/2023).
 
Anindito turut menambahkan bahwa Kemendikbudristek terus mendorong dan memastikan semua guru untuk memahami substansi Kurikulum Merdeka dengan tepat. “Kurikulum Merdeka memberikan otonomi kepada guru untuk merancang jenis kurikulum yang tepat untuk disampaikan ke siswa. Lebih fleksibelnya IKM sehingga kurikulum ini dapat digunakan oleh sekolah di Gresik sesuai karakteristiknya,” jelas Nino.
 
Pada kesempatan yang sama, turut hadir Anggota Komisi X, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Zainuddin Maliki yang mengapresiasi terselenggaranya sosialisasi IKM di Gresik dengan baik. “Kurikulum Merdeka kiranya dapat diimplementasikan sesuai filosofi pendidikan guna menciptakan generasi penerus yang berkarakter,” tegas Zainuddin.
 
Zainuddin juga menyoroti komitmen pemerintah lewat Kemendikbudristek untuk memperkuat kompetensi dan kapabilitas guru di Indonesia. “Lewat guru yang otentik dan siswa yang memiliki karakter sejalan dengan IKM, kiranya dapat memberikan kontribusi positif ke dunia pendidikan di Indonesia,”urai Zainuddin.
 
Pada kesempatan terpisah, salah satu peserta sosialisasi, Guru kelas 4, Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 1 GKB Gresik, Muhammad Fani Hidayatulloh, menceritakan praktik baik IKM di sekolahnya. Saat semester lalu di Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), siswa membuat karakter wayang yang mengisahkan keberagaman di Indonesia.
 
“Menjadi tantangan tersendiri ketika saya melakukan pembelajaran berdiferensiasi. Jumlah siswa yang ada di kelas kami ada 32 hingga 34 anak. Sedangkan jumlah maksimal siswa menurut pedoman IKM yaitu 28 siswa, sehingga kami terkendala dalam memantau siswa,” kata Fani Hidayatulloh.
 
Selanjutnya, kesiapan untuk melaksanakan IKM di sekolah juga disampaikan oleh peserta sosialisasi lainnya, Anifatul Umami, Qisthy Wulandari, dan Nahwiyah, yang merupakan guru kelas dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Islamiyah Desa Kramat Duduksampeyan, Gresik.
 
“Kami telah mengikuti berbagai lokakarya tentang Kurikulum Merdeka dan di Tahun Ajaran 2023/2024, sekolah kami telah mendaftarkan diri untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka,” seru mereka. “Kami melihat Kurikulum Merdeka, merupakan sebuah kurikulum yang inovatif dan mendorong siswa lebih kreatif,” sambung Qisthy.
 
Dukungan atas IKM di Kabupaten Gresik juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, Hariyanto. "Tahun Ajaran 2023/2024, kurang lebih 600 sekolah jenjang pendidikan dasar dan menengah, di dalamnya termasuk 140 yang menjadi Sekolah Penggerak siap mengimplementasikan Kurikulum Merdeka,” tegas Hariyanto.
 
Kegiatan Sosialisasi Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan di Kabupaten Gresik menghadirkan sekitar 100 orang perwakilan Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah yang tersebar di Kabupaten Gresik. Selain mendapat pengarahan dari Kepala BSKAP dan Anggota Komisi X DPR RI, peserta juga mendapatkan materi terkait Penguatan Kurikulum Merdeka untuk Guru, yang disampaikan oleh Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Zulfikri Anas. (Andrew Fangidae, Editor: Denty A./Seno Hartono)
 





 
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
                                                                                      
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
Dapatkan informasi lengkap tentang Merdeka Belajar melalui: http://merdekabelajar.kemdikbud.go.id
 
#MerdekaBelajar
#KurikulumMerdeka
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi   Nomor: 259/sipers/A6/VI/2023

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 620 kali