Musyarawah Sekretariat Mastera Persiapkan Sidang ke-27 pada September  22 Juni 2023  ← Back

Bogor, 22 Juni 2023 — Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengadakan Musyawarah Sekretariat Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastera). Acara ini bertujuan untuk menyusun perencanaan terkait kegiatan Mastera dan menindaklanjuti keputusan yang berhubungan dengan garis haluan kegiatan sastra di Kawasan Asia Tenggara.

Agenda musyawarah Sekretariat Mastera secara garis besar adalah 1) menyimak Keputusan Umum Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastera) tahun berjalan, 2) memantapkan Program Mastera tahun berjalan, 3) membicarakan Program Mastera tahun selanjutnya, 4) mendiskusikan dan membahas kegiatan tahun berjalan dan tahun yang akan datang, 5) mendengarkan laporan negara anggota masing-masing tentang realisasi Keputusan Umum Sidang tahun berjalan, 6) menindak-lanjuti hasil dan Keputusan Umum Sidang Mastera sebelumnya, 7) menyiapkan bahan dan hal lain yang diperlukan dalam Sidang Mastera, serta 8) mengingatkan dan menagih kegiatan yang belum berjalan.

Sekretaris Badan Bahasa sekaligus Ketua Perwakilan Mastera Indonesia, Hafidz Muksin, menyampaikan bahwa tahun ini Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah untuk rangkaian kegiatan Mastera, yaitu Musyawarah Sekretariat yang akan dilaksanakan 20—23 Juni 2023, serta Sidang Eksekutif ke-27 Mastera, di bulan September mendatang. “Terima kasih kami ucapkan atas kedatangan perutusan dari negara-negara Mastera, serta para pakar sastra,” katanya pada pembukaan acara tersebut, di Bogor, Rabu (21/6/2023).

Kegiatan Musyawarah Sekretariat ini akan dikelompokkan menjadi tiga komisi kepakaran sastra, yaitu Komisi Organisasi dan Kesekretariatan, Komisi Penulisan Kreatif/Penerbitan, serta Komisi Penelitian/Penerjemahan.  Ketiga komisi ini akan berdiskusi untuk menghasilkan kesepakatan antarnegara Mastera yang menjadi acuan kerja pada Sidang Mastera mendatang.

“Hal tersebut dimungkinkan terjadi karena kita merasa bahwa apa yang kita lakukan semua dilandasi oleh rasa persaudaraan yang tinggi,” ucapnya. Hafidz Muksin berharap, kegiatan Musyawarah Sekretariat Mastera ini dapat berlangsung dengan baik dan dapat menghasilkan kesepakatan untuk dibincangkan lebih lanjut pada Sidang Eksekutif Ke-27 Mastera di bulan September mendatang. “Semoga hasil kegiatan Musyawarah Sekretariat ini membawa kebaikan bagi kita semua,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, Haji Ali Mohd Ali bin Haji Radin, Brunei Darussalam, Setiausaha selaku Ketua Perwakilan Mastera Brunei Darussalam mendorong agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. “Semoga perencanaan yang dibuat bersama nantinya bisa dilaksanakan secara gotong royong,” ujar Haji Ali. Sejalan dengan itu, ia juga berharap kegitan ini bisa menghasilkan kesepakatan terbaik yang mengarah pada peningkatan mutu sastra di Kawasan Asia Tenggaran hingga ke tingkat dunia.

Sementara itu, Encik Abdul Ghani bin Abu selaku Ketua Perwakilan Mastera Malaysia optimistis bahwa kegiatan ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk meramu kesepakatan terkait pengembangan mutu sastra khususnya bagi negara-negara anggota. “Semoga kesepakatan kita bersama bisa menjadi masukan positif bagi negara-negara anggota dalam hal peningkatan mutu pengembangan sastra,” ujar Encik Abdul Ghani.

Menurutnya, kegiatan ini bisa menjadi sarana silaturahmi budaya. “Pemerintah kami mendukung pengembangan seni, bahasa dan budaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Peranan sastra sangat penting dalam menguatkan hubungan antarbangsa dan memperkuat jati diri bangsa itu sendiri,” ungkapnya lebih lanjut.  

Puan Azizah Zakaria, Singapura, Timbalan Setia Usaha selaku Ketua Perwakilan Mastera Singapura mengapresiasi kegiatan Mastera. “Kita harus bergerak bersama secara efektif menyukseskan implementasi kesepakatan Mastera,” pungkas Puan Azizah. (Denty, Editor: Seno)





Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id    
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 290/sipers/A6/VI/2023

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 228 kali