Program IISMA Lantik 181 Perwakilan Mahasiswa Tahun 2023  14 Juni 2023  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek
- Setelah menyelenggarakan empat sesi pembekalan bertajuk Sekolah Student Representative (SR), Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) resmi melantik 181 perwakilan mahasiswa atau SR dan Co-SR yang berperan sebagai koordinator para peserta atau awardee Program IISMA. Upacara kelulusan atau Wisuda Sekolah SR Program IISMA 2023 dilaksanakan Sabtu (3/6) lalu secara daring.
 
“Selamat kepada para awardee yang terpilih untuk menjadi SR dan Co-SR. Menjadi SR adalah sebuah ujian bagaimana menjadi seorang pemimpin. Kemampuan kepemimpinan kalian sebagai calon pemimpin global dimulai hari ini,” ucap Kepala Prorgram IISMA, Rachmat Sriwijaya.
 
Sekolah SR yang telah terselenggara pada tanggal 12, 13, 19, dan 20 Mei lalu menjadi persiapan bagi para perwakilan mahasiswa untuk dapat mengemban tugas mereka nantinya. Pelatihan ini mencakup berbagai aspek, termasuk komunikasi, manajemen waktu, kepemimpinan, penyelesaian masalah, dan administrasi program.
 
Rachmat menuturkan, Sekolah SR sendiri merupakan suatu inovasi baru yang dilakukan Program IISMA tahun 2023. Dengan pembekalan yang diberikan, para SR diharapkan dapat berkontribusi dalam mendukung kelancaran pelaksanaan program, baik dalam hal perkuliahan maupun dalam kegiatan-kegiatan nonakademik.
 
“Kita memandang bahwa SR perlu mendapatkan pembekalan yang cukup. Dengan target-target yang ingin kita capai, kita perlu menyamakan persepsi dan semua perlu memahami bagaimana arah program ini,” imbuhnya.
 
Para SR dan Co-SR memiliki lima peran utama, yaitu menjadi penghubung antara awardees dengan koordinator kawasan; menjadi penghubung antara awardees dengan host university; menjadi koordinator dalam setiap tahap dan kegiatan mulai dari pembuatan visa, pendaftaran di host university, keberangkatan dan kepulangan, pelaksanaan challenge, hingga  pengajuan keuangan; mengontrol kondisi awardees sebelum, selama, hingga pascapelaksanaan program; serta mengurus dokumen administrasi seperti berita acara, nomination letter, hingga surat keterlambatan pembayaran housing.
 
Pada upacara kelulusan ini Ketua Pelaksana Pusat Kampus Merdeka, Gugup Kismono, turut memberikan pesan kepada para SR dan Co-SR yang resmi mulai bertugas. “Ini kontribusi kita kepada bangsa dan negara. Mari kita terus menjaga semangat Kampus Merdeka dan menjadi agen perubahan yang positif di tengah dunia yang terus berubah,” ucapnya.
 
Penyerahan sertifikat secara simbolis dilakukan oleh Kepala Program IISMA kepada perwakilan SR  dan Co-SR dari masing-masing kawasan. Seremoni pelantikan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ikrar oleh perwakilan SR dan Co-SR IISMA 2023.
 
“Merupakan sebuah kebanggaan dipercaya menjadi SR dan Co-SR. Saya yakin apa yang kita dapatkan menjadi modal baik ketika kita berdinamika di IISMA maupun di luar IISMA,” tutur Ni Komang Driyan Ayu Bulan Santajaya, mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang merupakan student representative (SR) awardee IISMA  di University of Colorado Boulder Amerika Serikat.*** (Penulis: Tim MBKM/Editor: Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 370 kali