22 Ekosistem Pendidikan Berhasil Raih Prestasi Ajang Sea Language Club  21 Juli 2023  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek — Sebanyak 22 ekosistem  pendidikan dari berbagai provinsi di Indonesia berhasil meraih prestasi dalam ajang Sea Language Club. Sea Language Club merupakan sebuah lomba yang diadakan oleh SEAMEO QITEP in Language.
 
SEAMEO Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education Personnel (QITEP) in Language (SEAQIL) merupakan sebuah pusat regional yang didirikan oleh Southeast Asia Ministers of Education (SEAMEO) pada 13 Juli 2009.
 
Pada Kamis (13/7/2023), SEAMEO QITEP in Language merayakan ulang tahunnya yang ke-14 di Ruang Graha Utama Ki Hajar Dewantara, Gedung A Lantai 3, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
 
Rangkaian acara kegiatan perayaan ulang tahun SEAMEO QITEP in Language diawali dengan laporan yang diberikan oleh Direktur SEAMEO QITEP, Indrawati. Kemudian dilanjut dengan sambutan yang diberikan secara daring oleh Direktur SEAMES, Habibah Abdul Rahim.
 
Tak lupa juga Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memberikan sambutan yang diwakili oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan, Praptono.
 
Acara dilanjut dengan pengumuman pemenang yang dibacakan oleh  Sumardiyono. Pemenang dibagi ke dalam beberapa kategori perlombaan.
 
Perlombaan tersebut diadakan untuk memeriahkan acara ulang tahun SEAMEO QITEP yang ke-14.
 
Peserta yang berpartisipasi dalam perlombaan tersebut terdiri dari siswa pendidikan dasar (SD), menengah (SMP), menengah atas (SMA), pendidikan tinggi, hingga guru.
 
Dalam SEAMEO QITEP, terdapat tiga macam bidang keilmuan, yaitu bahasa, matematika, dan sains. Masing-masing bidang keilmuan tersebut menghadirkan cabang perlombaan yang dapat diikuti oleh seluruh siswa di Indonesia.
 
Perlombaan bidang sains, yaitu “Kompetisi Pembuatan Mobil Ramah Lingkungan” untuk SD, serta “Kompetisi Pembuatan Bangunan Seismik” dan “Kompetisi Pembuatan Jembatan dari Kertas” untuk SMP, SMA, dan sederajat.
 
Selanjutnya untuk bidang bahasa tingkat pendidikan tinggi adalah “Kontes Video Ucapan HUT ke-14 SEAQIL Dalam Berbagai Bahasa”.
 
Terakhir adalah perlombaan untuk bidang matematika, yaitu kontes foto matematika 2023. Berbeda dengan dua cabang sebelumnya, perlombaan bidang matematika hanya dapat diikuti oleh guru dari berbagai bidang studi di seluruh provinsi Indonesia.
 
Berikut nama-nama yang berhasil meraih prestasi tiga terbaik di ajang Sea Language Club:
  1. Argie Dante
  2. Magdalena Ciesielska
  3. Rolex Pelayo Gelig
Untuk nama-nama pemenang lainnya akan dimasukkan dalam lampiran terpisah.
 
Mereka yang berhasil mendapatkan penghargaan mengaku senang dan tidak menduga bisa memenangkan kompetisi tersebut. Hal ini disampaikan oleh salah satu pemenang lomba membuat bangunan seismik tingkat SMA, Putranda Renanta.
 
“Sangat berkesan, pengalaman pertama untuk mengikuti kompetisi. Jadi ini merupakan pengalaman terbaik,” ucapnya.
 
Selain itu, terkait proses persiapan juga disampaikan oleh mahasiswa yang berhasil memenangkan lomba pembuatan video HUT SEAQIL, yaitu Amanda dan Aulia.
 
“Saya tidak menyangka dengan membuat video bisa mendapatkan prestasi. Persiapan pembuatan video ini dilakukan selama 4–5 jam,” jelas Amanda.
 
Berbeda dengan Aulia, ia melakukan persiapan dalam pembuatan video ini adalah selama dua hari.
 
“Persiapannya dalam buat video ini itu sekitar dua hari,” ucap Aulia.
 
Di Indonesia, SEAQIL berada di bawah koordinasi Kemendikbudristek dan berfokus pada pengembangan kualitas guru bahasa (Bahasa Indonesia sebagai Penutur Asing (BIPA), Arab, Jepang, Jerman, dan Mandarin) serta tenaga kependidikan melalui pelatihan, seminar, lokakarya, dan pelayanan lainnya. (Farah Annisa, Maureen Chika, Rifky Astari/Editor: Andrew Fangidae)
 
Lampiran
  1. Pemenang Lomba Membuat Mobil Ramah Lingkungan
  • Tingkat SD (SD UMP):
  1. Muhammad Naufal Adelard
  2. Zivara Kayla Shazfa
  3. Qanita Hanan Malika
 
  1. Pemenang Lomba Membuat Bangunan Seismik
  • Tingkat SMP (SMP Kristen Trimulia):
  1. Marc Clayton Brockmann
  2. Max Clifford Brockmann
  3. Austin Benedict
  • Tingkat SMA (SMA Negeri 8 Jakarta):
  1. Keisha Daffa Aryani
  2. Putranda Renanta
  3. Bhisma Sutan Danusiri
 
  1. Pemenang Lomba Membuat Jembatan Dari Kertas
  • Tingkat SMP (SMPK 1 Harapan Denpasar):
  1. Jesslyn Anggraini
  2. Fredelyn Audrey Siano
  3. Ni Made Yuna Luna Cantika
  • Tingkat SMA (SMA Santo Aloysius 2):
  1. Bennett Moggallana Wangsawijaya
  2. Felicia Priscilla Levina
  3. Kezia Nathania Davina Naibaho
 
  1. Pemenang Lomba Pembuatan Video HUT SEAQIL Dalam Bahasa
  • Tingkat Universitas:
  1. Amanda Nabila Aryani (bahasa Arab)
  2. Aulia Maulida Az-Zahra (bahasa Indonesia)
  3. Ema Khafidhotur Qur’ainin (bahasa Jawa)
  4. Dayyinah Fatimah Arif (bahasa Jerman)

Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 405 kali