Atdikbud Dili Berkolaborasi dengan Kementerian Keuangan Timor-Leste Selenggarakan “Panen Belajar”  24 Juli 2023  ← Back



Dili, 23 Juli 2023 - Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili telah menyelenggarakan kegiatan penutupan kelas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang diselenggarakan di gedung Pusat Budaya Indonesia (PBI) Dili. Kelas BIPA ini dikhususkan untuk mahasiswa penerima beasiswa di Politeknik Keuangan Negara (PKN), Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dan Politeknik Statistika, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS).

Kelas BIPA Khusus STAN dan STIS merupakan implementasi kerjasama antara KBRI Dili dengan Kementerian Keuangan Timor-Leste dalam rangka membekali kemampuan berbahasa Indonesia bagi 30 mahasiswa Timor-Leste penerima beasiswa STAN dan STIS dari Kementerian Keuangan Timor-Leste sebelum melaksanakan studi di Indonesia.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Jenderal Pelayanan Perusahaan dan Direktur Sumber Daya Manusia Kementerian Keuangan Timor-Leste, Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Dili, Guru BIPA KBRI Dili, dan 30 mahasiswa penerima beasiswa STAN dan STIS.

Kegiatan yang mengusung tema ‘Panen Belajar’ tersebut menampilkan berbagai atraksi kebudayaan yang meliputi tarian tradisional dan peragaan busana adat Indonesia dan Timor-Leste yang dilakukan oleh para pemelajar BIPA STAN dan STIS. Selain itu, para pemelajar juga menunjukkan kemampuan berbahasa Indonesia mereka dengan membawakan cerita rakyat Indonesia dan membaca puisi.

Kegiatan pembelajaran BIPA STAN dan STIS dilakukan selama 4 (empat) bulan dimulai pada April - Juli 2023 dengan difasilitasi oleh pengajar BIPA dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Adapun materi pembelajaran yang diberikan meliputi 4 (empat) keterampilan berbahasa yakni membaca, menyimak, menulis, dan berbicara. Selain itu para peserta juga diberikan pengetahuan mengenai pengetahuan budaya Indonesia.

"Pembelajaran bahasa Indonesia bagi mahasiswa STAN dan STIS bertujuan untuk membekali para mahasiswa dalam hal kemampuan berbahasa Indonesia sebelum mereka melakukan studi di Indonesia," ucap Ikhfan Haris, Atdikbud Dili pada penutupan Kelas BIPA di PBI Dili, Jumat (21/7) .

Lebih lanjut, Ikhfan mengatakan bahwa PKN STAN dan STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan yang sangat ternama di Indonesia dan baru pertama kali membuka kelas bagi mahasiswa asing, dan kesempatan itu diberikan kepada Timor-Leste.

Selama kurun waktu 4 bulan, para mahasiswa telah berhasil mencapai level BIPA 4. Level tersebut merupakan level standar yang telah ditetapkan bagi mahasiswa asing untuk melanjutkan studi di Indonesia. Pada akhir kegiatan ke-30 peserta juga diberikan sertifikat kemampuan berbahasa Indonesia sebagai tanda bahwa mereka telah menyelesaikan pembelajaran bahasa Indonesia dengan baik di Pusat Budaya Indonesia, KBRI Dili. (Atdikbud/Rayhan Parady, Editor: Seno Hartono)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 337 kali