Atdikbud KBRI Dili Fasilitasi Perekrutan Calon Mahasiswa Tiga Perguruan Tinggi Indonesia  14 Juli 2023  ← Back



Dili, 13 Juli 2023 - Satuan Kerja Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili fasilitasi tiga Perguruan Tinggi Indonesia melakukan sosialisasi dan promosi serta seleksi perekrutan calon mahasiswa asal Timor-Leste untuk jenjang S1, S2, dan S3.

Tiga Perguruan Tinggi Indonesia tersebut, yaitu Universitas Brawijaya Malang, Universitas Nusa Cendana Kupang, dan Universitas Persada Indonesia Yasasan Administrasi Indonesia Jakarta. Fasilitasi tersebut diselenggarakan di Pusat Budaya Indonesia pada tanggal 10 – 11 Juli 2023.

Atdikbud KBRI Dili, Ikhfan Haris, mengungkapkan bahwa fasilitasi tersebut merupakan bagian dari tugas dan fungsi Atdikbud dalam mendukung peningkatan kerja sama di bidang pendidikan khususnya pada indikator peningkatan jumlah mahasiswa asing di perguruan tinggi Indonesia.

“Berdasarkan data yang ada saat ini, sekitar 4.125 mahasiswa asal Timor-Leste menempuh studi di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, dan jumlah tersebut merupakan yang terbanyak diantara mahasiswa asing lainnya yang menempuh studi di Indonesia,” ucap Ikhfan.

Lebih lanjut, Ikhfan mengatakan bahwa, Atdikbud KBRI Dili selalu berkomitmen dalam mendukung seluruh upaya internasionalisasi perguruan tinggi Indonesia khususnya di Timor-Leste.

Kegiatan sosialisasi dan promosi yang dilaksanakan oleh Universitas Brawijaya Malang dihadiri setidaknya 55 peserta yang terdiri dari pegawai kementerian, akademisi, perwakilan perguruan tinggi Timor-Leste dan berbagai kalangan masyarakat umum lainnya.

Pada kesempatan tersebut Universitas Brawijaya Malang melalui Sekolah Pascasarjana mengenalkan berbagai program menarik yang dapat diakses bagi calon mahasiswa Timor-Leste untuk melanjutkan studi pada jenjang S2 dan S3.

Universitas Brawijaya secara bersamaan juga melaksanakan seleksi wawancara bagi calon mahasiswa yang tertarik melanjutkan studi di Sekolah Pascasarjana Universitas Brawijaya. Kegiatan seleksi tersebut diikuti oleh sembilan calon mahasiswa asal Timor-Leste.

Secara paralel, Pusat Budaya Indonesia juga memfasilitasi pelaksanaan seleksi perekrutan calon mahasiswa yang diselenggarakan oleh Universitas Nusa Cendana Kupang dan Universitas Persada Indonesia Yasasan Administrasi Indonesia Jakarta.

Seleksi perekrutan calon mahasiswa Universitas Nusa Cendana Kupang diikuti oleh 14 peserta yang hadir secara langsung di Pusat Budaya Indonesia, sedangkan seleksi perekrutan calon mahasiswa Universitas Persada Indonesia Yasasan Administrasi Indonesia diikuti oleh 11 peserta. Seleksi tersebut ditujukan untuk perekrutan jenjang S1 pada tahun akademik 2023/2024. (Atdikbud, Rayhan Parady/Editor: Seno Hartono)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 515 kali