Duta Besar RI di Seoul Memberikan Penghargaan kepada Pemenang Solveathon 2023  14 Juli 2023  ← Back



Seoul, 14 Juli 2023 – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul bekerja sama dengan KB Financial Group dan Organisasi Debate Korea menyelenggarakan KB Solveathon 2023 di Korea.  KB Solveathon 2023 diselenggarakan dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan diplomatik Korea dan Indonesia. Pertandingan final KB Solveathon 2023 diadakan pada 13 Juli 2023 di kantor pusat KB Kookmin Bank yang berlokasi di Yeouido, Seoul, dan dibagi menjadi dua league, yaitu Korea league; dan Indonesia league.
 
Direktur Utama Debate Korea, Daneil mengatakan bahwa, istilah ‘Solveathon’ merupakan kombinasi dari kata bahasa Inggris solve dan marathon. “Serupa dengan lari maraton yang mengharuskan pelari menyelesaikan rute sepanjang 42 kilometer, kompetisi debat Solveathon ini juga serupa, yaitu mengharuskan pesertanya melakukan presentasi dan debat selama kurang lebih 42 jam untuk menemukan solusi terbaik bagi masa depan keuangan KB Bank,” ucap Daneil.
 
Tahun 2023 merupakan tahun kedua Debate Korea bekerja sama dengan KB Bank untuk menyelenggarakan KB Solveathon 2023. Selain Korea Solveathon, secara paralel Indonesia Solveathon juga dilaksanakan khusus untuk mahasiswa Indonesia. Lebih dari 200 peserta dari Indonesia yang mengikuti babak penyisihan, dan terpilih 16 peserta untuk mengikuti babak final di Korea.
 
Para finalis diundang ke Korea untuk mengikuti lokakarya dan latihan penguatan untuk mencari solusi terbaik bagi KB Bank yang sudah membuka layanan di KB Bank Bukopin. Kompetisi ini terbuka untuk mahasiswa dari universitas di Indonesia dan Korea dengan membentuk tim yang terdiri dari empat anggota.
 
Pemenang kompetisi akan diberikan hadiah sebesar 3 juta won ($2.200) dan diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam program pertukaran akademik, bekerja sama dengan universitas terkemuka di luar negeri.
 
Pada kesempatan yang sama, KBRI Seoul turut memberikan pernghargaan dan hadiah bagi pemenang dari Indonesia yang diberikan langsung oleh Duta Besar RI Seoul, Gandi Sulistiyanto. Dalam sambutannya, Gandi menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada KB Bank atas penyelenggaraan Solveathon 2023 dengan mengundang mahasiwa Indonesia untuk mengikuti final di Korea.
 
“Para penerima penghargaan Solveathon Indonesia League ini adalah mahasiswa yang luar biasa dari universitas terbaik di Indonesia yang memiliki ide cemerlang dan keberanian untuk berbicara dan berkontribusi kepada dunia dan juga KB Financial Group”, ungkap Gandi.
 
Sementara itu, Atase Pendidikan KBRI Seoul, Gogot Suharwoto, yakin bahwa para mahasiswa finalis dari Indonesia akan banyak belajar dan memperoleh pengalaman berharga dari perusahaan keuangan kelas dunia di Korea seperti KB Financial Bank.
 
“Kegiatan debat yang diawali dengan workshop persiapan di pusat pelatihan KB Bank di Suwon, Korea selama 3 hari sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan sejalan dengan program KBRI untuk mengembangkan Indonesian Best Global Professional Program yang baru saja diluncurkan oleh KBRI Seoul,” ungkap Gogot.
 
Penilaian lomba didasarkan pada beberapa aspek penilaian antara lain ketepatan solusi, kreativitas proposal, efektifitas solusi, dan kemampuan menjelaskan saat debat berlangsung sesama peserta.
 
Turut hadir di acara pemberian hadiah adalah Secretary General National Assembly, Lee Kwang Jae; Komisaris Utama KB Financial Group, Jong Kyoo Yoon; Presiden KB Kookmin Bank, Lee Jae-geun; dan Pendiri Debate Korea, Sang-jin Oh. Seluruh penyelegara kegiatan sangat mengapresiasi partisipasi tim Indonesia league yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba sampai di final. (Atdikbud, Rayhan Parady/Editor: Seno Hartono)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 711 kali