KBRI RI di Tokyo Apresiasi Prestasi Tim Olimpiade Fisika Internasional (OFI) Indonesia  21 Juli 2023  ← Back



Tokyo, Kemendikbudristek
— Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi, dengan bangga menerima delegasi siswa SMA Indonesia yang berhasil meraih prestasi gemilang pada International Physics Olympiad (IPhO) ke-53 yang diadakan di Tokyo, Jepang pada tanggal 10—17 Juli 2023.
 
Tim Olimpiade Fisika Internasional (OFI) Indonesia berhasil meraih dua medali perak, satu medali perunggu, dan dua penghargaan Honorary Mentions (HM). Capaian ini yang menjadi momen bersejarah bagi para siswa yang meraih prestasi gemilang dalam bidang fisika.
 
Dalam sebuah pertemuan yang dihelat pada tanggal 17 Juli 2023 di kediaman Wisma Duta RI di Tokyo, Duta Besar RI menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas pencapaian gemilang Tim OFI Indonesia. Dubes RI Tokyo, bersama dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Tokyo, Yusli Wardiatno, juga didampingi oleh sejumlah pembina siswa.
 
Menurut Atdikbud Yusli, keikutsertaan Tim OFI Indonesia pada IPhO ke-53 merupakan salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan memperluas jaringan kerja sama di bidang pendidikan.
 
“Prestasi ini bukan hanya membuktikan bahwa potensi dan keunggulan siswa Indonesia tidak diragukan lagi di tingkat internasional, tetapi juga diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi siswa-siswa Indonesia lainnya untuk terus berprestasi dan mengukir prestasi gemilang di tingkat internasional,” harap Yusli.
 
Dubes Heri turut menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya atas prestasi Tim OFI Indonesia. “Teruslah mendalami bidang dan keilmuan yang terkait dengan ilmu fisika di masa depan. Saya yakin kemampuan dan kompetensi kalian akan dibutuhkan bagi kemajuan negeri,” tegas Heri.
 
Delegasi TIM OFI Indonesia terdiri dari lima orang siswa dari jenjang pendidikan menengah. Mereka adalah Fansen Candra Funata (SMA Darma Yudha Pekanbaru, Provinsi Riau), Ahmad Nafi Ramadhan; (SMA Al Kahfi Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat), Muhammad Zaidan Naja (MAN 2 Kota Malang, Provinsi Jawa Timur), Muhammad Arif Khalfani Ismail (SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh, Provinsi Aceh), dan Savero Lukianto Chandra (SMA Fransiskus Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung).
 
Para siswa tersebut meraih hasil yang luar biasa dengan berkompetisi melawan 394 peserta dari 80 negara yang turut ambil bagian dalam IPhO ke-53. Keberhasilan mereka tidak lepas dari dedikasi dan kerja keras yang mereka tunjukkan selama persiapan dan pada saat kompetisi berlangsung. Kelima siswa Sekolah Menengah Atas tersebut merupakan pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) lewat Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).
 
Dalam acara penerimaan yang penuh dengan suasana keakraban di Wisma Duta kediaman Dubes RI Tokyo juga dihadiri oleh para pembina siswa yang ikut mendampingi selama kompetisi, antara lain M. Syamsu Rosid dari Universitas Indonesia, Bobby Eka Gunara dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Rinto Anugraha dari Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Riza Riano dari SMAS Fatih Bilingual School – Bogor. (Atdikbud RI di Tokyo, Editor: Denty A./Andrew Fangidae/Seno Hartono)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 321 kali