Kemendikbudristek dan LG Electronics Indonesia Berkolaborasi Mendukung Implementasi Merdeka Belajar  24 Juli 2023  ← Back

Jakarta, 24 Juli 2023 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen) bekerja sama dengan PT. LG Electronics Indonesia guna mendukung implementasi program Merdeka Belajar. Dukungan tersebut dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal (Dirjen) PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek, Iwan Syahril, dengan President of LG Electronics Indonesia, Lee Taejin.

Dalam sambutannya, Iwan Syahril mengatakan bahwa langkah transformatif yang dilakukan Kemendikbudristek melalui rangkaian kebijakan Merdeka Belajar memerlukan kolaborasi dan gotong-royong dari berbagai pihak baik pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat. Untuk itu, Kemendikbudristek menyambut baik mitra pembangunan yang mendukung implementasi kebijakan dan program strategis Kemendikbudristek dalam menguatkan ekosistem literasi dan numerasi sehingga menjadi fondasi pembelajar sepanjang hayat.

“Kami menyambut baik komitmen PT. LG Electronics Indonesia sebagai salah satu mitra pembangunan dari kalangan dunia usaha dunia industri (DUDI), yang telah bersedia untuk bergotong royong mendukung penyediaan sumber daya berupa buku-buku yang dapat mendukung peningkatan kompetensi literasi dan numerasi melalui program LG Loves Children – Children Books Collection,” tutur Iwan di Jakarta, Senin (24/7).

Melalui semangat kolaborasi dan gotong royong kemitraan ini, Iwan berharap akan dapat mendorong implementasi kebijakan strategis program Kemendikbudristek khususnya dalam menguatkan sumber daya manusia (SDM) masa depan yang memiliki kemampuan untuk belajar sepanjang hayat. Ia juga mengajak masyarakat serta mitra pembangunan lainnya untuk bergandengan tangan bersama-sama agar dapat mewujudkan peningkatan akses kualitas pendidikan, menuntaskan tantangan dan permasalahan untuk SDM masa depan Indonesia.

“Semoga kerja sama dan niat baik PT. LG Electronics Indonesia, akan dapat mendorong mitra-mitra lain untuk dapat bergotong-royong bersama Kemendikbudristek, menghadirkan mimpi-mimpi terbaik bagi masa depan anak-anak Indonesia,” harap Iwan.

Pada kesempatan yang sama, President of LG Electronics Indonesia, Lee Taejin, mengungkapkan bahwa kerja sama yang dilakukan merupakan salah satu bentuk kepedulian dari pilar tanggung jawab sosial perusahaannya yaitu LG Love Children yang memiliki kampanye besar LG Loves Indonesia.  

“Kami berharap seluruh dukungan bagi anak usia dini dan usia pendidikan dasar ini dapat menjadi modal bagi semakin bertumbuhnya kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik di masa mendatang sesuai dengan visi besar LG dalam operasionalnya di berbagai negara yaitu Better Live for All,” ujar Lee Taejin.

Lee Taejin juga mengajak kepada seluruh pihak untuk berkolaborasi dengan pemerintah Indonesia demi menciptakan generasi unggul di masa mendatang.

“Mari menciptakan kehidupan lebih baik di masa mendatang melalui kolaborasi dengan pemerintah Indonesia untuk pengembangan generasi mudanya,” tutur Lee Taejin.

PKS Kemendikbudristek dengan PT. LG Electronics Indonesia diwujudkan dalam bentuk penyediaan buku bacaan bermutu serta penggandaan dan pendistribusian Buku Saku Asesmen Nasional (AN). Dalam pelaksanaannya, Kemendikbudristek akan menyediakan beberapa materi buku dan digandakan serta didistribusikan oleh PT. LG Electronics Indonesia kepada 330 satuan PAUD di seluruh Indonesia. Tiga buku bacaan bermutu tersebut berjudul “Tanaman Tomat Lilo dan Gina”, “Mengenal Bentuk”, dan “Mengapa Diam Saja” dengan jumlah masing-masing sebanyak 1.320 eksemplar.

Selain itu, dua Buku Saku AN yang dicetak dan didistribusikan kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen (BBPMP/BPMP) serta Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia berjudul “Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana (Adiksimba) Asesmen Nasional” dan “Kumpulan Soal Sering Ditanya (SSD) tentang Asesmen Nasional” dengan jumlah 1.320 eksempar setiap judul buku.

Turut hadir dalam penandatanganan PKS yaitu pelaksana tugas (Plt.) Direktur Sekolah Menengah Pertama,  Nyoman Rudi Kurniawan, serta Marketing and Relations Director of LG Electronics Indonesia 3, Jay Jang. Selain itu, penandatanganan juga disaksikan oleh perwakilan seluruh direktorat teknis di lingkungan Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen, perwakilan dari PT. LG Electronics Indonesia, perwakilan dari Kemendikbudristek, dan jurnalis dari berbagai media. (Prima, Editor: Seno)