Kerja Sama FH Dortmund dengan Universitas-Universitas Indonesia di Bidang Digitalisasi Hukum  14 Juli 2023  ← Back


Foto Bersama Koordinator RBI, Birgit Steffan, dengan Prof. Michael Bohne Beserta Rombongan dari Universitas Islam Riau dan Universitas Airlangga

Berlin, 12 Juli 2023 – Perwakilan Fachhochschule (FH) atau University of Applied Sciences Dortmund melakukan kunjungan ke Rumah Budaya Indonesia (RBI) Berlin pada hari Jumat, 30 Juni 2023. Kunjungan FH Dortmund diwakili oleh Michael Bohne yang memiliki spesialisasi di bidang hukum untuk memperkenalkan Program Pertukaran Pelajar di bidang Digitalization in Law and Society in Indonesia.

Kunjungan Michael Bohne ke RBI Berlin turut dihadiri oleh perwakilan dari Universität der Bundeswehr München, Stefan Koos, tiga perwakilan dari Universitas Airlangga, dua orang dari Universitas Islam Riau, dan tiga mahasiswa pertukaran pelajar.

Bohne mengungkapkan, bahwa Program Pertukaran Pelajar di bidang Digitalization in Law and Society in Indonesia sudah berjalan sejak tahun 2002, “program ini kami rintis bersama dengan Stefan Koos, dan program ini didanai oleh Deutscher Akademischer Austauschdienst yang akan terus berjalan sampai dengan akhir 2024,“ ucap Bohne.

Lebih lanjut, Bohne menuturkan, bahwa program ini juga bekerja sama dengan Universitas Islam Riau dan Universitas Airlangga untuk mengembangkan kurikulum bersama di bidang digitalisasi. Dengan kurikulum bersama ini, harapannya baik mahasiswa dari Universitas Islam Riau atau Universitas Airlangga dapat belajar di FH Dortmund dan kembali melanjutkan studi mereka di masing-masing Universitas. “Jika melihat jauh ke depan, kurikulum ini dapat menjadi awal untuk menciptakan sebuah program double degree, kata Bohne.  

Program ini tidak terbatas pada pertukaran mahasiswa saja, namun juga seminar nasional, pertukaran dosen, dan membuka kesempatan mahasiswa Jerman untuk mengikuti Summer School di Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

“Kami sangat senang diterima di RBI untuk membicarakan program pertukaran pelajar di bidang digitalisasi hukum dan masyarakat Indonesia. Kami harap kerja sama ini dapat lebih terdengar oleh masyarakat Indonesia dan khalayak umum lainnya,“ ujar Bohne.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin, Ardi Marwan, mengapresiasi kunjugan Michael Bohne ke RBI. “Rencana kunjungan Mr. Bohne dan rombongan sudah dikomunikasikan beberapa waktu yang lalu dan sebetulnya agenda ini sejatinya dilakukan pada tanggal 28 Juni didahului dengan kunjungan ke KBRI Berlin guna mendapatkan arahan dan insights dari Bapak Duta Besar yang juga merupakan pakar hukum khususnya di bidang hukum laut. Namun dikarenakan pada tanggal tersebut bertepatan dengan perayaan hari raya idul adha di KBRI Berlin, maka jadwal kunjungan ke RBI dijadwalkan pada 30 Juni sedangkan untuk kunjungan ke KBRI Berlin akan dikomunikasikan kemudian,“ ucapnya. 

Ardi kemudian menyampaikan harapannya agar program kerjasama digitalisasi hukum antara FH Dortmund dengan beberapa universitas di Indonesia ini akan dapat memberikan dampak yang positif bagi peningkatan kualitas kurikulum khususnya di bidang digitalisasi hukum pada program studi hukum di Indonesia. (Adrian, Atdikbud/Editor: Rayhan Parady, Seno Hartono)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 497 kali