Mahasiswa Program PMM Bekali Diri Sebelum Menjelajah Keragaman Budaya Nusantara  25 Juli 2023  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek
-Mahasiswa peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (Program PMM) Angkatan 3 tahun 2023 telah menyelesaikan seluruh rangkaian pembekalan yang berlangsung selama tiga hari mulai Senin-Rabu, 24-26 Juli 2023, secara daring melalui zoom meeting dan siaran langsung di kanal Youtube resmi Ditjen Diktiristek.
 
Program PMM  merupakan program pertukaran mahasiswa dalam negeri selama satu semester antarklaster pulau yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi lain dan mendapatkan pengalaman kebinekaan melalui keikutsertaan dalam kegiatan Modul Nusantara, mata kuliah, dan berbagai aktivitas yang dapat diakui setara dengan 20 satuan kredit semester (sks).
 
Sebelumnya, sebanyak 15.286 mahasiswa dari perguruan tinggi akademik dan perguruan tinggi vokasi telah mengikuti berbagai rangkaian seleksi. Dengan selesainya rangkaian pembekalan, peserta program PMM akan memasuki periode keberangkatan ke masing-masing perguruan tinggi yang sudah mereka pilih di luar pulau asalnya.
 
Dalam sambutannya, Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Sri Gunani Partiwi, menyampaikan bahwa Program PMM bertujuan untuk membentuk sebuah generasi yang mengenal keragaman budaya Nusantara dan mampu memaknai bahwa setiap perbedaan adat, budaya, kepercayaan, dan bahasa yang dimiliki oleh bangsa ini merupakan sebuah kekayaan yang menjadi fondasi persatuan yang mewarnai berdirinya bangsa kita di bawah naungan Bhinneka Tunggal Ika.
 
“Pada saat yang bersamaan, melalui Program PMM kami juga berharap  dapat  memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa merasakan lingkungan pembelajaran baru di perguruan tinggi tujuan, baik yang linear dengan program studi yang diambil maupun tidak,” imbuhnya pada Senin (24/7), di Jakarta.
 
Dalam kesempatan yang berbeda, Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Beny Bandanadjaja, menekankan bahwa pengalaman belajar selama satu semester melalui Program PMM akan mengasah berbagai kompetensi mahasiswa dan memperkuat toleransi antarsesama.
 
“Pengalaman tersebut menjadi bekal dalam mempersiapkan lulusan perguruan tinggi yang kompeten karena mahasiswa yang merasakan langsung dapat terasah karakternya sesuai dengan nilai-nilai persatuan dan kebangsaan. Dengan demikian, para mahasiswa yang akan menjadi calon pemimpin masa depan negeri ini memiliki karakter kebangsaan yang kuat,” ungkap Beny pada Selasa (25/7), di Jakarta. 
 
Dalam kegiatan pembekalan ini, para mahasiswa memperoleh berbagai materi persiapan yang diharapkan dapat menjadi pedoman mereka saat mengikuti program di PT tujuan. Berbagai materi persiapan tersebut di antaranya adalah mekanisme pelaksanaan program, pencegahan tiga dosa besar pendidikan, serta materi penting lainnya yang berkaitan dengan kesehatan mental mahasiswa.
 
Setelah melewati masa pembekalan, mahasiswa selanjutnya mengikuti kegiatan seremonial pelepasan yang diselenggarakan untuk melepas Peserta Program PMM secara resmi ke berbagai perguruan tinggi penerima  pada Kamis (27/7). Adapun pelaksanaan Program PMM Angkatan 3 tahun 2023 akan dimulai pada bulan Agustus 2023 hingga Maret 2024.
 
Informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan Program PMM 3 dapat diakses melalui laman https://pmm.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ dan juga akun Instagram resmi pada @pertukaranmahasiswamerdeka.*** (Penulis: Tim MBKM/Editor: Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 199 kali