Tiga Mahasiswa Indonesia di Jepang Menerima Beasiswa dari AEON 1% Club Foundation  21 Juli 2023  ← Back



Chiba, Kemendikbudristek
— Tiga mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Jepang berhasil menerima beasiswa dari AEON 1% Club Foundation. Seremonial penyerahan beasiswa tersebut digelar lewat acara bertajuk 2023 AEON Scholarship Ceremony, yang dihadiri oleh perwakilan dari negara-negara Asia seperti Tiongkok, Laos, Thailand, Filipina, Vietnam, Kamboja, dan Indonesia di Chiba, Jepang, pada tanggal 15 Juli 2023.
 
AEON Group terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Asia, termasuk Indonesia. AEON 1% Club Foundation sebagai lembaga yang secara khusus memberikan beasiswa bagi negara-negara Asia, telah memilih tiga mahasiswa Indonesia di antara sekitar 30 penerima beasiswa mereka. Tiga mahasiswa Indonesia yang menerima beasiswa adalah Clarissa Elaine Kezia, mahasiswa di International University of Japan; Tah Andrew Ryan, mahasiswa di Tohoku University; dan Maryam Ghaniya Jasmine, mahasiswa di Kyoto University.
 
Tah Andrew Ryan dalam acara ini diminta menjadi wakil penerima beasiswa untuk menyampaikan mimpi dan cita-citanya dalam belajar di Jepang. Pidato yang disampaikan oleh Andrew menggambarkan keinginannya untuk mengembangkan ilmu dan pengetahuan di bidang biologi laut untuk menyelamatkan keberadaan hiu yang kian terancam punah akibat penangkapan yang terus menurunkan populasinya di dunia.
 
Pada kesempatan yang sama, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Tokyo, Yusli Wardiatno, mengatakan AEON 1% Club Foundation sejak lama dikenal sebagai pemangku kepentingan yang berkomitmen serius dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat, terutama di bidang pendidikan.
 
“Pemerintah RI sangat mengapresiasi dukungan AEON 1% Club Foundation yang kukuh dalam menguatkan hubungan Indonesia dan Jepang yang tahun ini mencapai 65 tahun melalui aspek pendidikan. Kerja sama pendidikan antarnegara pada gilirannya dapat menguatkan ikatan persahabaan antarbangsa dan memupuk kebersamaan global untuk membentuk masa depan dunia yang lebih baik,” terang Yusli pada Sabtu (15/7/2023).
 
Yusli juga berharap agar beasiswa ini semakin membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat dalam pertukaran budaya, memperluas perspektif mahasiswa, dan memperkokoh ikatan antara kedua negara. “Rengkuhlah kesempatan ini dengan rasa syukur dan kerendahan hati, dan jadikan kesempatan ini sebagai inspirasi bagi kalian semua untuk berprestasi secara akademis, berkontribusi pada masyarakat, dan membangun jembatan persahabatan dan kerja sama antarbangsa,” jelasnya kepada mahasiswa Indonesian yang menerima beasiswa.
 
Acara penganugerahan beasiswa tersebut turut dihadiri oleh perwakilan dari universitas-universitas tempat kuliah para mahasiswa. Beberapa universitas terkemuka yang diwakili adalah Tohoku University, China University, Tokyo University, Tokyo Institute of Technology, Sophia University, Keio University, Waseda University, International University of Japan, Nagoya University, Kyoto University, Kobe University, University of Marketing and Distribution Sciences, dan Kyushu University. (Atdikbud RI di Tokyo, Editor: Denty A./Andrew Fangidae/Seno Hartono)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 647 kali