Antusiasme Warga Lokal bersama Diaspora Indonesia Rayakan HUT ke-78 RI di Jepang  31 Agustus 2023  ← Back



Tokyo, Kemendikbudristek
--- Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo (KBRI Tokyo) menggelar Acara Rumah Budaya Indonesia (RBI) pada akhir pekan ini.  Acara yang dihadiri oleh 60 warga Jepang ini merupakan rangkaian dari perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia yang, dan diselenggarakan di Balai Indonesia pada hari Sabtu, 26 Agustus 2023, dengan tema Lomba Tradisional serta Festival Soto dan Es Indonesia.
 
RBI merupakan program strategis dari Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Tokyo guna memperkenalkan keragaman budaya Indonesia, termasuk bahasa dan kuliner kepada masyarakat Jepang. Kegiatan ini secara kontinu dilakukan untuk terus memperluas pemahaman masyarakat Jepang terhadap kekayaan budaya Indonesia.
 
Pada acara kali ini, fokus utamanya adalah Festival Soto dan Es Indonesia. Dua elemen ini merupakan bagian penting dari kuliner Indonesia yang dikenal karena cita rasanya yang unik dan beragam. Imelda Coutrier, seorang diaspora pegiat budaya, memberikan pemaparan mengenai berbagai jenis soto dari berbagai daerah di Indonesia, serta beragam jenis minuman es yang menyegarkan.
 
Acara ini juga menghadirkan kegembiraan khas perayaan HUT Kemerdekaan RI melalui berbagai permainan lomba yang telah menjadi tradisi, seperti balap karung, membawa kelereng menggunakan sendok, dan lomba makan kerupuk. Warga Jepang yang hadir sangat antusias berpartisipasi dalam permainan-permainan tersebut karena menghadirkan tawa dan keceriaan di sepanjang acara.
 
Tanoshikatta (sungguh sangat menggembirakan),” kata salah seorang peserta lomba sesaat setalah ikut lomba balap karung dan makan kerupuk.
 
Keseruan acara ditutup dengan sesi makan bersama, di mana para peserta menikmati Soto Semarang, sebuah hidangan tradisional yang menggugah selera, serta minuman Es Cendol yang segar. Para warga Jepang tersebut juga dapat merasakan sendiri kedekatan dengan budaya Indonesia melalui hidangan-hidangan khas tersebut.
 
Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo, Yusli Wardiatno, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah menjadikan acara ini begitu meriah dan bermakna.
 
“Soto Semarang dan Es Cendol yang disajikan hari ini hanya sebagian kecil dari ratusan bahkan ribuan jenis kuliner Indonesia yang khas dan lezat. Saya ingin mengajak warga Jepang yang hadir hari ini untuk datang ke Indonesia dan melakukan wisata kuliner di berbagai wilayah Indonesia,” ujar Atdikbud dihadapan warga Jepang yang hadir.
 
Yusli juga berharap, acara RBI dapat menambah keharmonisan hubungan kerja sama budaya antarkedua negara. “Saya harap, pemahaman tentang budaya Indonesia dapat terus tumbuh di kalangan masyarakat Jepang,” pungkasnya. (Atdikbud RI Tokyo, Editor: Andrew Fangidae/Denty A./Seno Hartono)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 266 kali