Empat Awardees IISMA Menjadi Finalis Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional  19 Agustus 2023  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek
- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) beberapa waktu lalu menyelenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres). Kegiatan ini merupakan ajang apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik.
 
Di antara deretan finalis Pilmapres tingkat nasional, terdapat empat orang awardees atau peserta Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2022 dan 2023. Salah satunya Schalke Anindya Putri yang terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi Nasional 2023 jenjang strata satu (S-1).
 
“Perasaannya campur aduk, senang dan lega karena perjuangan dari persiapan Pilmapres tidak mudah. Alhamdulillah terbayarkan dengan hasil yang baik, tapi saya juga merasa ini tanggung jawab yang sangat besar, dan saya harus bisa menjaga tanggung jawab ini dengan membuat dampak yang positif dan besar bagi sekeliling,” ucap Schalke.
 
Mahasiswa Universitas Gadjah Mada ini adalah salah satu awardees yang akan mengikuti Program IISMA di University of Glasgow di semester mendatang. Menurutnya, Program IISMA dan Kampus Merdeka memberikan ruang yang sangat luas bagi mahasiswa untuk menggali potensi dirinya di luar kampus.
 
“Ini sangat penting karena dapat meluaskan pemikiran, memperkuat soft skills maupun hard skills, yang sangat berguna untuk mengembangkan diri kita sebagai pribadi yang unggul. Kampus Merdeka mempersiapkan kita menjadi pribadi yang well-rounded, dan tidak hanya bergantung pada satu kemampuan pada diri kita saja,” tuturnya.
 
Finalis lainnya untuk kategori sarjana adalah Regina Farah Nafilah, mahasiswa Universitas Hasanuddin yang mengikuti Program IISMA di University of Tartu, dan Gastin Gabriel Jangkang, mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat yang mengikuti Program IISMA di Universiti Malaya. Pada kategori Diploma ada Farhan Nauvaldy, mahasiswa Politeknik Caltex Riau yang mengikuti Program IISMA di IU University of Applied Science.
 
Gastin keluar sebagai pemenang Harapan 1 untuk kategori sarjana, sementara Farhan menjadi pemenang Harapan 1 untuk kategori Diploma, sekaligus menjadi Komunikator Terbaik Pilmapres Tingkat Nasional 2023. Farhan yang mengikuti Program IISMA di tahun 2022 lalu mengungkapkan bahwa Program IISMA menjadi wadah baginya untuk belajar banyak hal dan menemukan kepercayaan diri.
 
“IISMA mengubah diri saya, juga membakar semangat saya untuk lebih giat menggapai prestasi. Jujur awalnya saya tidak menyangka bisa masuk ke tahap nasional, tapi walaupun begitu, saya coba untuk tetap berusaha yang terbaik dan maksimal walaupun saingannya merupakan kampus-kampus ternama, dan Alhamdulillah saya bisa mendapatkan 2 penghargaan pada ajang pilmapres kali ini,” kata Farhan.
 
Sementara itu, bagi Gastin yang baru akan mengikuti Program IISMA di semester ini, Program IISMA memberikan tempat baru baginya untuk mencapai prestasi-prestasi yang lebih gemilang. “IISMA mengajarkan saya bahwa sekarang adalah saatnya untuk menjadi anak muda yang membangun bangsa Indonesia. Saya tidak sabar menunggu keberangkatan nantinya karena pasti akan ada lebih banyak hal baru yang dapat saya pelajari,” ucapnya.
 
Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, menyampaikan apresiasi kepada para awardees yang berhasil meraih prestasi pada ajang Pilmapres. Ia berharap, para awardees yang telah menyelesaikan program maupun mereka yang baru akan menjalani program dapat terus menorehkan berbagai prestasi gemilang dan memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara.
 
“Program IISMA menempa mahasiswa untuk menjadi pembelajar tangguh, menjadi pemimpin masa depan yang dapat menggerakkan perubahan ke arah yang lebih baik. Tentu kami merasa bangga atas pencapaian para awardees, dan kami percaya ini hanyalah awal bagi perjalanan mereka yang gemilang di masa mendatang,” ucap Rachmat.*** (Penulis: Tim MBKM/Editor: Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 402 kali