Kemendikbudristek Terima Penghargaan Recognition of Excellence dari OpenGov Asia  09 Agustus 2023  ← Back

Jakarta, 9 Agustus 2023-- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menerima penghargaan bergengsi Recognition of Excellence pada tanggal 3 Agustus 2023 dari OpenGov Asia atas platform Rapor Pendidikan yang telah dikembangkan lewat unit kerjanya, Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin).

Penghargaan tersebut diberikan  kepada organisasi sektor publik, kesehatan, pendidikan, perusahaan yang terkait dengan pemerintah/government-linked companies (GLC), dan lembaga jasa keuangan/financial services institutions (FSI) untuk penggunaan teknologi yang inovatif dan disruptif melalui optimalisasi proses, memberikan layanan yang berpusat pada manusia, dan mendorong batasan baru.

"Kami merasa terhormat menerima penghargaan ini," ujar Kepala Pusdatin, Muhamad Hasan Chabibie saat menerima penghargaan secara langsung dalam forum internasional bertajuk ‘Indonesia OpenGov Leadership Forum 2023’.

Pada kesempatan lain, Hasan juga menambahkan, lewat penghargaan dari OpenGov Asia ini, kiranya dapat memicu proses transformasi digital yang telah dilaksanakan selama ini dapat lebih meningkat kualitasnya.

Rapor Pendidikan yang digagas Kemendikbudristek telah diakui sebagai platform yang menampilkan hasil asesmen dan survei nasional suatu satuan pendidikan (satdik) atau daerah. “Di masa mendatang, Rapor Pendidikan diharapkan dapat menjadi salah satu sumber dalam penentuan kebijakan terkait pendidikan di skala daerah maupun skala nasional,” tutur Hasan, (9/8).

Tercatat di data Pusdatin pada tahun 2023, untuk Rapor Satdik terdapat 424.964 pengguna sekolah dan 244.569 Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Rapor Daerah terdapat 2.038 pengguna dinas dan 33 Provinsi serta 510 Kabupaten/Kota. Rapor Pendidikan digunakan untuk mengidentifikasi masalah, merefleksikan akarnya, dan membenahi kualitas pendidikan secara menyeluruh. (Andrew Fangidae, Editor: Seno Hartono)





Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
                                                                                      
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
 
Dapatkan informasi lengkap tentang Merdeka Belajar melalui: http://merdekabelajar.kemdikbud.go.id
 
#MerdekaBelajar
#RaporPendidikan
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi   Nomor: 375/sipers/A6/VIII/2023

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 335 kali