Optimasi Microsoft Word dan Mendeley, Sharing Ilmu Antar Mahasiswa Indonesia dan Timor-Leste  13 Agustus 2023  ← Back



Dili, Kemendikbudristek – Bertempat di Perpustakaan Cendekia Pusat Budaya Indonesia (PBI), telah diselenggarakan kegiatan lokakarya Penggunaan Microsoft Word dan Pengenalan Reference Manager Mendeley bagi Mahasiswa Timor-Leste. Kegiatan tersebut difasilitasi dan dibuka secara resmi oleh  Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, Timor-Leste dan dilaksanakan pada 9 Agustus 2023, yang diikuti oleh 16 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Timor-Leste.
 
“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu bagi para mahasiswa yang sedang dalam tahap penulisan tugas akhir, sehingga dengan memanfaatkan aplikasi ini dapat mempermudah proses penyelesaian penulisan tugas akhir,” ungkap Ikhfan Haris, Atdikbud KBRI Dili.
 
Lebih lanjut, Ikhfan Haris juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan berbagi ilmu antara mahasiswa kepada mahasiswa lainnya yang studi di perguruan tinggi Timor-Leste.
 
Pusat Budaya Indonesia sebagai pusat pembelajaran dan pelatihan di bidang pendidikan dan kebudayaan memiliki peranan penting dalam membantu peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di Timor-Leste. Melalui berbagai kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan Pusat Budaya Indonesia di harapkan mampu berkontribusi dalam upaya meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.
 
Kebutuhan akan penggunaan aplikasi berbasis teknologi yang dapat membantu dalam penulisan karya ilmiah seperti halnya membuat kutipan dan daftar sumber referensi yang digunakan dalam penelitian kian diperlukan. Tidak sedikit mahasiswa khususnya di Timor-Leste yang menyadari bahwa ada aplikasi yang dapat digunakan dalam membantu mempermudah hal tersebut.
 
Salah satunya adalah aplikasi Mendeley yang merupakan software manajemen referensi dan jaringan sosial akademis yang dapat membantu dalam mengorganisasi publikasi hasil penelitian, menemukan publikasi penelitian terakhir dan masih banyak lagi manfaat dari aplikasi tersebut.
 
Optimasi Penggunaan Microsoft Word dan Pengenalan Reference Manager Mendeley merupakan sebuah program pelatihan yang dirancang guna memfasilitasi para mahasiswa memperoleh kesempatan untuk mempelajari penggunaan aplikasi manajemen referensi yang dapat mendukung kebutuhan mahasiswa dalam menyelesaikan penulisan tugas akhir.
 
Hadir sebagai narasumber tunggal adalah Austria Monteiro yang merupakan mahasiswa semester enam Universitas Brawijaya Malang Program Studi Hubungan Internasional yang saat ini sedang melakukan praktik magang di Pusat Budaya Indonesia.
 
Adapun materi pelatihan yang diberikan pada kegiatan tersebut meliputi pengenalan sitasi, pengenalan model sitasi dan daftar Pustaka (APA, Chicago, Harvard, Turabian, dan MLA) serta pengenalan aplikasi Mendeley. (Atdikbud Dili/Pusat Budaya Indonesi, Editor: Rayhan Parady/Seno Hartono)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 444 kali