Peringati Hari Pramuka ke-62, KBRI Cairo Ajak Siswa SIC untuk Terus Berprestasi  15 Agustus 2023  ← Back



Cairo, Kemendikbudristek
--- Sekolah Indonesia Cairo (SIC) memperingati Hari Pramuka ke-62 tahun 2023 dengan melakukan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh siswa dari jenjang SD sampai SMA. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Cairo, Bambang Suryadi.

Dalam kesempatan ini, Atdikbud Bambang mengajak seluruh siswa SIC untuk lebih berprestasi lagi, baik di bidang akademik maupun nonakademik. “Salah satunya adalah melalui kegiatan Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SIC,” ujar Atdikbud Bambang dalam sambutannya, di SIC Cairo, pada Senin (14/8).

Bambang juga mengajak seluruh anggota Gerakan Pramuka di SIC untuk bersyukur karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana  ini telah genap berusia 62 tahun.

Tema peringatan Hari Pramuka tahun 2023 di SIC adalah "Dengan Peringatan Hari Pramuka ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan". Tema ini, kata Bambang, menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, terampil, dan berdaya saing baik di kancah nasional maupun internasional.  

“Tema ini menegaskan bahwa Wawasan Kebangsaan menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara. Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” ucap Atdikbud Bambang yang sekaligus menjabat Pelaksana tugas (plt.) Kepala SIC.

Setelah upacara bendera, siswa SIC mengikuti  berbagai lomba dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI. Di antaranya adalah lomba balap kelereng, memasukkan paku dalam botol, kebersihan kelas, makan krupuk, dan balap karung.

SIC merupakan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) tertua dan pertama milik Pemerintah RI. SIC berdiri pada 21 Desember 1956, SIC memiliki nilai sejarah yang tidak terlepas dari keberadaan warga Negara Indonesia, tepatnya kehadiran mahasiswa Indonesia di Universitas Al-Azhar dan keluarganya yang saat itu memperjuangkan kemerdekaan RI. Saat ini SIC telah terakreditasi oleh BAN S/M dengan predikat unggul untuk jenjang SD, SMP, dan SMA. (Atdikbud Bambang, Editor: Denis)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 393 kali