Perkuat Identitas Kebangsaan, 18 Anggota Paskibra Tokyo Dikukuhkan  19 Agustus 2023  ← Back



Tokyo, Kemendikbudristek
-- Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi, mengukuhkan 18 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Merah Putih di Balai Indonesia, Meguro, Tokyo, Selasa, 15 Agustus 2023. Sebagian besar anggota Paskibra merupakan para pelajar Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) yang berasal dari berbagai tingkat dan jenjang pendidikan.
 
Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Tokyo, Yusli Wardiatno, mengungkapkan bahwa kesempatan menjadi anggota Paskibra ini memiliki banyak nilai positif bagi siswa-siswi SRIT dalam pembentukan jati diri sebagai insan Indonesia sejati. Menurutnya, melalui kesempatan tersebut, para pelajar dapat memahami banyak hal seperti patriotisme, nasionalisme, kedisiplinan, kerja sama tim, kemandirian, kepemimpinan, keterampilan fisik dan mental, keterampilan komunikasi, penghargaan atas pengorbanan, serta pentingnya nilai-nilai kehormatan.
 
“Menjadi bagian dari upacara yang penting seperti peringatan Hari Kemerdekaan dapat memberi pengalaman berharga yang tidak banyak orang alami. Ini bisa membentuk pandangan hidup yang lebih luas dan mendalam bagi para siswa dan pengalaman menjadi anggota Paskibra dapat membentuk fondasi yang kokoh bagi perkembangan pribadi dan karier di masa depan,” terang Yusli.
 
Pada kesempatan yang sama, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi, dalam sambutannya menyampaikan selamat atas terpilihnya 18 anggota Paskibra yang telah melewati proses seleksi ketat serta pelatihan yang intens. Ia pun berharap para siswa terpilih dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, terutama saat meletakkan bendera merah putih pada tempat yang terhormat.
 
Dubes Heri juga berpesan agar para anggota Paskibra turut menyadari bahwa mereka berasal dari beragam latar belakang dan mewakili kebesaran serta kemajemukan bangsa Indonesia dengan akar budaya, nilai-nilai, dan identitas yang berbeda-beda. Dengan kemajemukan itu pula para siswa mampu bersatu, kompak, setia, saling menghormati, dan menghargai antarsesama.
 
"Inilah contoh nyata, betapa indahnya apabila kebersamaan seperti ini hadir di seluruh negeri yang kita cintai. Pada kesempatan ini pula, saya pun turut mendoakan kalian menjadi pemimpin, tokoh, dan putra putri terbaik bangsa," tutur Heri.
 
Adapun 18 orang anggota Paskibra yang dikukuhkan adalah Najwa Nur Adnina, Dzaky Abdurrahman Hakim, Primadriya Airlangga Sinatrya, Carisa Arinka Navalinda, Macca Tanka Soemadipradja, Nalendra Anantri, Alya Nursyifa Kusumo, Michaila Azzahra, Muhammad Bintang Putra Gunawan, Bunga Verliana Trisna, M. Thirafi Ilhamsyah, Ursula Catharina Tri Putri Boestami, Fariz Aditya Ramadhan, Hikaru Todoroki, Mariyana Hanako Mizutani, M. Harits Ramadhan Syahlan, Naomi Natalie Ruauw, dan Shakila Hiroko Munir.
 
Upacara pengukuhan ini turut dihadiri oleh orang tua siswa yang memasangkan kendit di pinggang putra putrinya. Selain itu, hadir pula Wakil Duta Besar Indonesia untuk Jepang, John Tjahjanto Boestami dan Koordinator Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya, Meinarti Fauzie. (Atdikbud KBRI Tokyo, Editor: Andrew Fangidae/Denty Anugrahmawaty/Seno Hartono)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 323 kali