Peserta IISMA Sasar Jutaan Masyarakat Indonesia Kampanyekan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan  31 Agustus 2023  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek
- Sebanyak 1.595 mahasiswa penerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2023 melaksanakan kampanye sosial terkait 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (TPB/SDGs). Dalam kurun waktu tiga bulan, lebih dari 1.500 kampanye telah diluncurkan dan berhasil menjangkau lebih dari dua juta masyarakat Indonesia.
 
Program IISMA sendiri merupakan salah satu program unggulan yang diinisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memfasilitasi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk menjalani studi selama satu semester di berbagai perguruan terbaik di dunia dengan pembiayaan dari pemerintah. 
 
Rangkaian kampanye bertajuk SDGs Social Campaign diselenggarakan untuk meningkatkan kepedulian para mahasiswa terhadap berbagai isu sosial dan mendorong inisiatif masyarakat terhadap pelestarian lingkungan. Hal ini sejalan dengan tujuan dari Program IISMA sebagai salah satu inisiatif untuk menyiapkan calon pemimpin masa depan yang unggul dan berkarakter.
 
“Sebagai calon pemimpin bangsa, pemahaman mengenai isu global menjadi penting guna mengasah kepekaan sosial mahasiswa. Harapannya, mahasiswa tidak hanya meningkat kemampuan riset akademiknya saja, tetapi apa yang diteliti bisa diimplementasikan dalam wujud aksi nyata sehari-hari,” tutur Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, dalam ajang apresiasi bertajuk IISMA Awards for Global Impact Projects yang diselenggarakan Jumat (18/8).
 
Melalui kampanye tersebut, mahasiswa ditantang untuk menggali lebih dalam berbagai permasalahan sosial berkaitan dengan 17 tujuan global yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2015 untuk mengatasi berbagai tantangan sosial, ekonomi, dan lingkungan yang dihadapi dunia. SDGs mencakup berbagai isu termasuk pemberantasan kemiskinan, aksi iklim, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, energi bersih, kota berkelanjutan, dan masih banyak lagi.
 
Seluruh kampanye dapat diakses oleh publik melalui tagar #ImpactingBeyondBorder. Dalam pelaksanaan kampanye, para mahasiswa berhasil menggaet lebih dari 100 mitra strategis seperti Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), Green Welfare Indonesia, dan Koneksi Indonesia Inklusif (KONEKIN).
 
Ajang apresiasi IISMA Awards for Global Impact Projects bertempat di @america yakni fasilitas milik Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Kegiatan ini juga diisi dengan sesi gelar wicara atau talk show dan diskusi bersama sejumlah narasumber inspiratif yang bergerak dalam upaya pencapaian SDGs di Indonesia.
 
Verena Puspawardani, Direktur Program Koaksi Indonesia, secara khusus memaparkan pentingnya keterlibatan generasi muda untuk mendorong perubahan sistem secara kolektif. Generasi muda harus terlebih dahulu memahami permasalahan yang ada dan mencari celah untuk mengimplementasikan aksi perubahan.
 
Kegiatan ini juga menghadirkan alumni IISMA tahun 2021 dan 2022 guna berbagi cerita kontribusi mereka untuk masyarakat setelah menjalani program IISMA. Para alumni IISMA bercerita bahwa selepas kembali ke Indonesia menjadi momentum untuk mereka terus berkarya dan berkontribusi untuk perubahan di Indonesia. Pada acara ini pula para alumni mendorong penerima beasiswa IISMA 2023 untuk belajar segiat mungkin dan membawa pulang tekad untuk menjadi pembawa perubahan di Indonesia.*** (Penulis: Tim MBKM/Editor: Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 313 kali