Ajang AMI Awards 2023, Wujud Penguatan Ekosistem Musik Nasional  21 September 2023  ← Back

Jakarta 21 September 2023 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengapresiasi semangat dan inspirasi para musisi Indonesia yang terus melahirkan karya baru, sehingga memperkaya warna pada ekosistem musik nasional. Kreativitas musisi Indonesia menambah khazanah musik di Tanah Air dan mengedukasi masyarakat tentang rasa cinta pada karya seni bangsa sendiri.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid menyampaikan bahwa pemerintah berkomitmen untuk selalu memberi dukungan kepada musisi Indonesia. Salah satunya melalui ajang penghargaaan AMI Awards.  sebagai wujud penguatan ekosistem musik Indonesia. Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2023 yang bertema “Merayakan Perbedaan” dan rencananya akan diselenggarakan pada 8 November.

"Kehadiran dan keterlibatan Kemendikbudristek dalam AMI Awards 2023 sebagai realisasi kehadiran pemerintah bagi musisi yang telah berjuang menciptakan karya dari inspirasi terbaiknya," ungkap Dirjen Hilmar di Jakarta, Rabu (20/9).

Lebih lanjut, Hilmar Farid mengatakan bahwa talenta dan karya yang dimiliki para musisi Indonesia menjadi bekal untuk mempertahankan dan merawat seni bagi kepentingan masa depan. “Sejak masa lalu hingga saat ini, musik memberi makna mendalam sebagai ruang ekspresi kehidupan," tambahnya.

Oleh sebab itu, Hilmar Farid mengatakan, perhelatan AMI Awards bukan sekadar festival prestasi bagi para musisi Tanah Air, namun juga wadah yang mendorong masyarakat agar semakin berani menunjukkan inspirasi dan karya musiknya.

“Saya berharap AMI Awards dapat mendorong semangat dan kapasitas bermusik para musisi Indonesia untuk lebih menyemarakkan industri musik Tanah Air. Selamat kepada para nominasi di setiap kategori AMI Awards. Saya berpesan agar terus berkarya,” imbuh Hilmar.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, mengatakan bahwa perjalanan para musisi di blantika musik nasional penuh dengan beragam nilai seperti norma, ritual, sosial, budaya, hukum, maupun teknologi.

Mahendra menjelaskan bahwa nilai-nilai tersebut selalu mempengaruhi industri musik nasional sehingga semakin berkembang dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

“Karya dan industri musik nasional semakin berkualitas untuk dinikmati oleh masyarakat. Semua ini berkat semangat dan cita-cita para musisi Indonesia yang tidak berhenti melahirkan ide-ide berkualitas,” ujar Mahendra.

Selanjutnya, Mahendra menyebutkan bahwa kreativitas para musisi nasional perlu terus didukung sebagai bentuk pemajuan kebudayaan. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya menyebarluaskan karya musik ciptaan anak bangsa.

“AMI Awards sebagai ajang festival tahunan merupakan perhelatan yang tepat untuk menghargai ekspresi seni budaya para musisi Indonesia. Mereka tidak pernah berhenti berkreasi meskipun menghadapi berbagai rintangan,” tambah Mahendra.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum AMI, Candra Darusman, menjelaskan bahwa proses pendaftaran karya lagu untuk kompetisi AMI Awards telah dibuka secara online sejak 15 Mei 2023 dan ditutup pada tanggal 8 Juli 2023.

Tercatat sebanyak 4.858 lagu telah terdaftar untuk ikut serta dalam AMI Awards 2023, baik produksi single maupun album yang dirilis secara komersial dalam periode 1 Juli 2022 hingga 30 Juni 2023. Jumlah lagu tersebut berasal dari berbagai macam genre musik yang melibatkan musisi senior maupun pendatang baru.

AMI Awards merupakan inisiatif dari Yayasan AMI yang merupakan organisasi independen dan bertujuan khusus untuk memberikan penghargaan tertinggi kepada insan musik kreatif Indonesia yang telah mencapai prestasi. AMI Awards telah memasuki tahun ke-26 penyelenggaraannya dan menjadi ajang penghargaan musik paling bergengsi di Indonesia. (Tim Ditjen Kebudayaan, Editor: Denty/Azis)



Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar
#PemajuanKebudayaan
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 480/sipres/A6/IX/2023

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 556 kali