Ditjen GTK Ajak Guru dan Tenaga Kependidikan Ikuti Apresiasi GTK 2023  17 September 2023  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek
- Peringatan Hari Guru Nasional 2023, dirayakan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan  menyelenggarakan SAPA GTK episode ke-16. Acara yang digelar pada Selasa 12 September 2023 ini, mengangkat tema “Apresiasi GTK: Ciptakan Pembelajaran Berkualitas melalui Kurikulum Merdeka”.
 
Melalui kegiatan yang ditayangkan pada kanal YouTube Ditjen GTK Kemdikbud RI ini, Ditjen GTK menyampaikan informasi terkait agenda Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan tahun 2023. Selain itu juga mendorong para guru dan tenaga kependidikan di seluruh penjuru tanah air untuk mengirimkan karya dan mendaftarkannya pada program apresiasi ini.
 
Apresiasi GTK terdiri atas empat kategori apresiasi, yakni GTK Inovatif, GTK Dedikatif, GTK Inspiratif, dan Terima Kasih Guruku. Bagi guru dan tenaga kependidikan yang ingin mengikuti Apresiasi GTK Tahun 2023, pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 7 September - 8 Oktober 2023.
 
Dalam acara SAPA GTK, hadir sebagai narasumber, M. Dzaky F. Surapranata, S.E. M.Comm., selaku Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda Direktorat Guru PAUD dan Dikmas. Ia mengatakan bahwa apresiasi ini diberikan kepada guru dan tenaga kependidikan yang telah melakukan inovasi, berdedikasi, dan menginspirasi.
 
“Apresiasi GTK merupakan sebuah upaya Kemendikbudristek melalui Ditjen GTK untuk memberikan penghargaan kepada GTK dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan peran dan tugasnya masing-masing guna menstimulasi GTK dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Di samping itu, apresiasi juga diberikan kepada guru yang menjadi idola atau panutan/favorit siswa,” ungkapnya.
 
Lebih lanjut, Rabono, S.E., selaku Analis Kebutuhan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Guru Dikmen dan Diksus, menjabarkan tentang langkah-langkah yang harus dipersiapkan guru dan tenaga kependidikan yang ingin melakukan pendaftaran. 
 
Dalam paparannya, ia menyampaikan bahwa pendaftaran Apresiasi GTK hanya dilakukan secara daring melalui laman gtk.kemdikbud.go.id/apresiasigtk. Para guru dan tenaga kependidikan dapat mengakses semua informasi tentang Apresiasi GTK Tahun 2023 pada laman tersebut.  
 
Tak lupa, Rabono mengingatkan kembali bahwa peserta apresiasi dari unsur guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, pamong belajar, dan penilik harus memiliki akun belajar.id. “Para peserta wajib mendaftar melalui akun belajar.id kecuali bagi calon peserta GTK Dedikatif di daerah khusus yang belum memiliki akun belajar.id, maka dapat menggunakan email pribadi,” lanjutnya.*** (Tim Ditjen GTK, Editor: Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 472 kali