Dubes RI Seoul Terima Mahasiswa Indonesia Peserta Internship ITPM Program  20 September 2023  ← Back



Seoul, Kemendikbudristek - Sebagai langkah strategis dalam pengembangan talenta muda Indonesia khususnya mahasiswa terbaik di kampus Indonesia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul menyambut baik sukses hasil kerjasama antara Hana Financial Group Korea Selatan dengan tiga universitas bergengsi di Indonesia: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Bina Nusantara. Kerjasama ini menandai betapa pentingnya program magang atau on-the-job training bagi mahasiswa Indonesia di perusahaan global Korea.

Sebanyak sepuluh mahasiswa dari tiga universitas tersebut akan melakukan magang selama 3,5 bulan yang terdiri dari pelatihan Bahasa Korea dan Pengantar Finance di Hankuk University of Foreign Studies dilanjutkan dengan on the job training di Perusahaan Hana Bank.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto, mengungkapkan apresiasinya atas kemitraan yang bermakna ini. "Kerja sama ini menunjukkan komitmen yang sangat baik dari Hana Financial Group maupun universitas-universitas Indonesia dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan bakat muda Indonesia khususnya di bidang financial services. Ini tidak hanya memperkaya pengalaman pendidikan mahasiswa, tetapi juga memperkuat hubungan erat antara negara Indonesia dan Korea," ucap Dubes Sulis.

Lebih lanjut, Dubes Sulis menambahkan bahwa tiga hal penting yang harus mahasiswa kuasai selama mengikuti on the job training  yaitu behavior, skills, dan knowledge.

“Di era globalisasi dan disrupsi teknologi di semua bidang, namun jika mahasiswa memiliki ketiga syarat diatas akan mudah dalam meniti karier setelah selesai magang dan kuliah nanti,” ujar Dubes Sulis.

Program ini merupakan bagian integral dari Indonesia Talent Pool Management Program (ITPM), inisiatif KBRI Seoul yang sejalan dengan program Magang Merdeka, Kampus Merdeka Merdeka Belajar yang bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara pembelajaran akademis dan keterampilan praktis, memastikan bahwa mahasiswa Indonesia siap untuk bekerja.

Kedutaan Besar Indonesia di Seoul mengantisipasi bahwa kerja sama ini akan berfungsi sebagai model bagi kemitraan di masa depan, dengan harapan lebih banyak perusahaan Korea dan universitas Indonesia akan bergabung dalam program ini. Dengan memperkuat hubungan lebih erat antara dunia akademis dan industri, program ini akan terus memberdayakan mahasiswa Indonesia dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses dalam pasar kerja global.

Sementara itu, Gogot Suharwoto, Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI Seoul, memberikan keterangan bahwa, proses pelaksanaan program ini sudah dimulai sejak bulan Juni yang diawali dengan lauching program ITPM oleh Dubes Sulis.

“Sambutan baik dari Perusahaan global Korea, Hana Financial Group, yang telah memiliki cabang di 25 negara dengan penandatanganan MoU untuk menerima mahasiswa talenta Indonesia adalah seperti gayung bersambut. Dengan langkah-langkah yang sangat hati-hati, akhirnya semua proses bisa dilalui dan sepuluh mahasiswa terbaik Indonesia akhirnya mulai magang di Hana Financial Group pada tanggal 11 September 2023,” ungkap Gogot Suharwoto.

Turut hadir dalam acara tersebut, Vice Chairman Hana Financial Group, Kevin Lee dan Hwang Hyo Goo, Chief Global Financial Program, Hana Financial Group (HFG) beserta mentor Hana Bank, Kwon Ghen, Injoon Lee, Atase Tenaga Kerja KBRI Seoul, Yessi Kualasari, dan Minister Counselor, Joanes Eka Tandjung, dan staf KBRI lainnya.

Dalam sambutannya, Kevin Lee menyampaikan bahwa kerja sama on the job training dengan kampus-kampus terbaik Indonesia untuk memberikan kesempatan yang berharga bagi talenta Indonesia adalah bagian dari misi semua layanan termasuk Hana Bank Financial Services. “Kami bangga bisa mendukung program penting KBRI Seoul yang sejalan dengan misi Hana Financial Group dalam memberikan kesempatan bagi mahasiswa terbaik dari Indonesia untuk mempelajari system kerja di Perusahaan kami,” imbuh Kevin Lee.

Pada kesempatan yang sama, Injoo Lee, selaku mentor dari HFG, dalam penjelasannya menyampaikan bahwa semua kebutuhan peserta magang selama mengikuti program ITPM akan ditanggung, mulai dari tiket pesawat, akomodasi, dan uang saku untuk kebutuhan sehari-hari. “HFG sangat serius dalam menjalankan program kerja sama ini mengingat generasi muda terpilih merupakan aset penting bagi Indonesia dan dunia,” kata Injoo Lee.

Perwakilan peserta, Steven Sonni, turut menyampaikan rasa apresiasi atas pelaksanaan program ITPM. “Saya berterima kasih kepada KBRI Seoul, Hana Financial Group, dan seluruh tim yang mendukung hingga terlaksananya program ITPM dan akhirnya bisa ikut on the job training di Hana Financial Group,” ucap Steven.

Program magang dan on-the-job training ini memberikan pengalaman praktis yang sangat berharga bagi mahasiswa, sehingga diharapkan mereka akan menjadi kandidat yang sangat dicari dalam pasar kerja yang kompetitif di bidang yang dipelajari.  Bentuk nyata kerja sama antara Hana Financial Group dan universitas-universitas di Indonesia ini menandakan besarnya komitmen kedua belah pihak untuk membina generasi berikutnya dari para profesional Indonesia. (Atdikbud Seoul/Rayhan Parady, Editor: Seno Hartono)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 851 kali