Gelar Pre-Departure Briefing, KBRI Indonesia di Kroasia Sambut Mahasiswa Peserta Program IISMA   02 September 2023  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek
- Pelaksanaan Program Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) terus berlanjut dan secara bertahap melakukan persiapan kepada mahasiswa yang akan berangkat sesuai dengan tujuan negaranya masing-masing. Terbaru, melalui kerja sama dengan Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung, tim pelaksana Program IISMA telah menggelar pre-departure briefing untuk mahasiswa yang akan berangkat ke Republik Kroasia pada Selasa (29/08).
 
Pada kegiatan ini Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Kroasia, Suwartini Wirta, melepas 15 mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti studi selama satu semester di Universitas Zagreb, Kroasia.
 
Dalam sambutannya, Suwartini menyampaikan dukungan bagi mahasiswa yang melaksanakan program IISMA. Pihak KBRI Kroasia juga menyambut baik kedatangan mahasiswa sebagai bagian dari keluarga Indonesia di negara yang terletak di antara Eropa Selatan dan Eropa Timur tersebut.
 
“Kami di sini sangat senang karena setiap tahunnya, jumlah mahasiswa yang diterima di Kroasia selalu mengalami peningkatan. Pada angkatan pertama terdapat lima orang yang datang ke Kroasia, kemudian 10 orang di angkatan kedua, dan saat ini di angkatan ketiga alhamdulillah meningkat menjadi 15 orang,” tutur Suwartini.
 
Melalui pelaksanaan IISMA, Suwartini berharap ada dampak penguatan sektor pendidikan antara pemerintah Indonesia dan Kroasia yang bermanfaat bagi kemajuan pendidikan dan peningkatan SDM di Indonesia.
 
Pada kesempatan yang sama, Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, menitipkan pesan kepada mahasiswa agar bisa mengikuti studinya di Kroasia dengan baik dalam rangka membawa nama baik Indonesia di dunia Internasional, khususnya Kroasia.
 
“Kesempatan bergabung dengan Program IISMA adalah kesempatan yang patut disyukuri. Salah satu cara mensyukurinya adalah dengan memberikan kemampuan terbaik selama menjalani studi, menjaga perilaku, dan juga berusaha belajar sebaik mungkin sehingga adik-adik mendapatkan prestasi akademik yang baik,” terang Rachmat.
 
Sementara itu, pelaksanaan Program IISMA juga mendapat apresiasi dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri (PTDN) yang berperan sebagai pengirim mahasiswa. Rektor Institut Teknologi Nasional Bandung, Meilinda Nurbanasari, juga menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan IISMA sebagai media pembelajaran dalam memperkaya kompetensi dan pengalaman kepada mahasiswa.
 
Program IISMA sendiri pada tahun 2023 ini memberangkatkan sebanyak lebih dari 1.900 mahasiswa. Sejak diluncurkan tahun 2021, terdapat lebih dari 20.000 mahasiswa telah mendaftar ke Program IISMA. Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat diakses melalui laman https://iisma.kemdikbud.go.id/ *** (Penulis: Tim MBKM/Editor: Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 228 kali