Kolaborasi Kemendikbudristek dengan Mitra Strategis Maksimalkan Platform Merdeka Mengajar  03 September 2023  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek - Platform Merdeka Mengajar (PMM) merupakan platform edukasi yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada Februari 2022. PMM telah membersamai guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sehingga dapat mengajar, belajar, dan berkarya lebih baik lagi. Selain itu, PMM juga membantu guru mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.
 
Sebagai bagian dari upaya memaksimalkan penggunaan PMM di tahun ajaran baru 2023/2024 dan meningkatkan kemampuan murid di abad ke-21, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) berkolaborasi dengan 10 mitra strategis, seperti Guru Binar, Refo, Quipper, Edukita, Canva, Microsoft, V&V Communication, Daya Dimensi Indonesia, Paragon, dan Google for Education; menggelar kegiatan bertajuk “Semarak Tahun Ajaran Baru 2023”.

Semarak Tahun Ajaran Baru 2023 merupakan serangkaian acara yang diadakan mulai tanggal 3 Juli dan berakhir hingga 31 Agustus 2023. Terdapat 10 kegiatan kelas online atau webinar yang dipandu oleh mitra-mitra yang tersebut.
Harapannya, setelah mengikuti kegiatan ini, para pendidik dan komunitas belajar  dapat mengoptimalkan teknologi dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, generasi muda memiliki lebih banyak alternatif aktivitas belajar sebagai solusi untuk meminimalisir penggunaan gawai/internet yang kurang bermanfaat.  
 
Franka Makarim selaku Ketua Bidang 1 Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) yaitu Bidang Pengasuhan dan Pendidikan Karakter menyampaikan bahwa menghadapi perkembangan zaman, penguatan karakter menjadi salah satu kemampuan abad ke-21 yang harus ditanamkan sejak dini pada anak-anak baik di rumah maupun di sekolah. “Dengan demikian, anak bisa menyaring informasi dan pengetahuan yang didapatkan sesuai dengan nilai yang sudah ditanamkan,” ujarnya pada malam apresiasi acara lokakarya Semarak Tahun Ajaran Baru di Jakarta beberapa waktu lalu.
 
Selama dua bulan penuh, serangkaian webinar bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antartenaga pendidik, mitra strategis, dan komunitas belajar yang aktif di  PMM. Dengan mengusung tema “Tingkatkan Kemampuan Murid di Abad ke-21”, para peserta mendapat tiga jenis materi yaitu  Kemampuan Beradaptasi  dan Berinisiatif; Kemampuan Belajar dan Berinovasi; serta Literasi Informasi, Media, dan Teknologi. 
 
Selain itu, ada pula pelatihan untuk membuat Bukti Karya selama lima hari oleh 10 kelas mitra strategis pada minggu pertama Juli 2023. Ada pula rangkaian webinar yang diberikan oleh Komunitas Belajar di PMM pada minggu kedua hingga ketiga Juli 2023.  Kemudian, diselenggarakan pelatihan tatap muka bagi komunitas dan peserta  yang menampilkan Bukti Karya terpilih pada bulan Agustus 2023.
 
Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kemendikbudristek, Nunuk Suryani, menekankan bahwa  dalam menyambut tahun ajaran baru, para guru didorong untuk  meningkatkan kemampuan murid dalam beradaptasi dan berinisiatif, belajar dan berinovasi, serta penguatan literasi informasi menggunakan media dan teknologi.
 
“Kegiatan Semarak Tahun Ajaran Baru 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal GTK ini diharapkan dapat menjadi awal dari langkah keberlanjutan dalam upaya mewujudkan pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik,” ucapnya.

Kegiatan Semarak Tahun Ajaran Baru 2023, berhasil menarik minat  lebih dari 60 ribu pendaftar dan lebih dari 27 ribu penonton video pada sesi webinar di kanal YouTube Ditjen GTK. Selain itu, ada seribu bukti karya baru dalam bentuk video dan 1.500 dalam bentuk PDF yang diunggah di  PMM yang berasal dari 38 provinsi di Indonesia, termasuk Papua Tengah dan Papua Barat. Dari total 2.500 karya yang diunggah, terpilih 100 karya pilihan yang dinilai dan mendapatkan hadiah langsung berupa beragam beasiswa pelatihan, goodie bag, voucer, dan  hadiah menarik lainnya dari para mitra yang berkolaborasi dalam kegiatan ini. Selain itu, pada puncak dari rangkaian acara Semarak Tahun Ajaran Baru 2023,hadir pula 25 kreator pilihan dan 40 guru penggerak  komunitas  belajar  untuk mengikuti   lokakarya  pada tanggal 30 Agustus 2023 di Hotel Millenium, Jakarta. 
 
Salah satu peserta, tenaga kependidikan dari SDN 12 Tanah Abang (Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan) yang bernama Betty Marlina, meraih 4 empat Bukti Karya terpilih dari Mitra. Ia menceritakan pengalamannya yang merasa senang bisa berkontribusi di kegiatan Semarak Tahun Ajaran Baru 2023. “Saya bisa bagikan karya-karya saya sesuai tema dari setiap mitra dan proyek yang saya kerjakan di sekolah, seperti video pembelajaran. Jadi tambah semangat untuk mengunggah karya di PMM!” ujarnya.
 
PMM akan terus mendukung para pendidik untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka  dengan menyediakan berbagai konten terpercaya dan siap pakai untuk guru mulai dari dokumen persiapan  tahun  ajaran  baru hingga mengajar di kelas. Guru dapat mulai memahami implementasi Kurikulum Merdeka dan mengakses berbagai referensi modul dan bahan ajar hingga modul projek dengan mengakses bit.ly/SiapBersamaPMM.*** (Penulis: Tim Ditjen GTK/Editor: Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1075 kali