Meriahkan HUT RI ke-78 dengan Pentas Musik KILA  03 September 2023  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, Direktorat Perfilman, Musik, dan Media (Dit. PMM) yang berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah mengadakan sebuah acara pentas musik yang mengusung tema ‘Gapai Mimpi Bersama Sahabat’ pada hari Jumat, 25 Agustus 2023.
 
Pentas musik ini diadakan di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A Kemendikbudristek, Jakarta, dan menampilkan drama musikal dari karya pemenang dan finalis lomba cipta lagu anak pada program Kita Cinta Lagu Anak (KILA) tahun 2020-2022. Karya-karya dari tahun 2020-2022 dibawakan karena pentas KILA tahun ini berfokus untuk mengenalkan lebih lanjut lagu-lagu yang telah diciptakan sebelumnya.
 
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, dalam sambutannya, menyerukan ajakan untuk terus mendukung kelangsungan KILA.
 
"Kami mengajak semua pihak untuk terus mendukung kelanjutan KILA, sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas lagu dan musik anak, serta dalam mewujudkan sistem pendidikan yang aman, nyaman, dan bermoral," ujar Nadiem Makarim.
 
Sementara itu, Direktur PMM, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra mengatakan bahwa pentas KILA tahun ini berfokus untuk mengenalkan karya-karya yang telah ada. "Setelah empat tahun berjalan, pada tahun ini kami mengusulkan agar fokusnya bukan lagi pada menciptakan lagu baru, tetapi lebih pada mengenalkan karya-karya yang telah dihasilkan oleh para pencipta lagu sebelumnya."
 
Beberapa lagu yang dipentaskan seperti "EAEO" (Ciptaan Harkuswo Hartono), "Aku dan Temanku" (Ciptaan Danny Jo Siahaan), "Pasti Bisa" (Ciptaan Ignatius Adi Santosa), dan sejumlah lagu lainnya, dipersembahkan dengan mempertimbangkan tema yang diusung oleh Pentas KILA tahun ini, yakni mengenai pentingnya persahabatan dalam menggapai cita-cita.
 
Pentas KILA tiap tahunnya berhasil meningkatkan minat anak-anak Indonesia dan mendapatkan animo yang luar biasa dalam kegiatan sosialisasi di berbagai wilayah. Sejak diperkenalkannya KILA pada tahun 2020, lebih dari 3500 peserta dari seluruh Indonesia telah diberi kesempatan untuk berkreasi, mengasah bakat, dan berkompetisi dengan sehat.
 
KILA juga dimeriahkan dengan beragam perlombaan yang bertujuan untuk menghidupkan kembali kejayaan lagu anak Indonesia. Di mana lagu anak dapat menjadi medium yang relevan dan menyenangkan bagi anak-anak dalam memperkokoh Profil Pelajar Pancasila. (Shakilah Faliha/Andi Putri, Editor: Rayhan Parady)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 356 kali