Pemelajar BIPA Pusat Budaya Indonesia Meriahkan Indonesian Cultural Performances & Night Market 2023  03 September 2023  ← Back



Dili, Kemendikbudristek – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, Timor-Leste telah menyelenggarakan kegiatan bertajuk ‘Indonesian Cultural Performances and Night Market 2023’ bertempat di pelataran Timor Plaza, Dili, pada Sabtu (26/08/2023). Acara tahunan tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Perdana Menteri Republik Demokratik Timor-Leste (RDTL), Kay Rala Xanana Gusmao tersebut dihadiri oleh ribuan masyarakat Timor-Leste. Dalam kesempatan tersebut Presiden RDTL, Jose Ramos Horta beserta jajaran Menteri Kabinet RDTL dan Korps Diplomatik juga turut hadir pada kegiatan yang dimulai sejak pukul 15.00 – 22.00 OTL.
Indonesian Cultural Performances and Night Market (ICPNM) 2023 menampilkan berbagai atraksi kebudayaan yang meliputi tarian tradisional, peragaan busana adat Indonesia, dan pantomim serta pertunjukan musik yang dibawakan oleh kelompok diaspora Indonesia di Timor-Leste serta pemelajar budaya Pusat Budaya Indonesia (PBI) dan alumni penerima beasiswa Darmasiswa RI.

“Pada kegiatan ICPNM ini pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Pusat Budaya Indonesia turut berpartisipasi untuk menampilkan permainan alat musik tradisional angklung dan tarian Manasai dari Kalimantan Tengah. Unsur pengetahuan budaya Indonesia selalu dimasukkan dalam materi pembelajaran BIPA, sehingga para pemelajar BIPA selain belajar bahasa mereka juga mendapatkan pengetahuan mengenai budaya,” ucap Atase Pendidikan dan Kebudayaan Dili, Ikhfan Haris disela-sela kegiatan.

Alunan nada angklung yang dimainkan oleh Perdana Menteri, Wakil Perdana Menteri I, Wakil Perdana Menteri II, beserta Duta Besar RI-RDTL menjadi penanda dibukanya kegiatan Indonesian Cultural Performance and Night Market 2023. Permainan musik angklung dari pemelajar BIPA yang membawakan sebuah lagu dari Timor-Leste berjudul “Mai Fali E” didapuk sebagai penampilan pembuka kegiatan ICPNM 2023.

IPCNM 2023 juga dimeriahkan oleh bazar yang menjual aneka ragam makanan khas Indonesia dan produk-produk Indonesia yang tersebar di 60 stan yang telah disediakan. Para pengunjung juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah lawang berupa empat tiket pesawat pulang pergi rute Dili – Denpasar dan berbagai hadiah elektronik lainnya.

Kegiatan IPCNM ditutup oleh penampilan Bintang Tamu Utama Toton Caribo Feat Justy Aldrin yang telah ditunggu-tunggu oleh para penonton. Nama penyanyi Toton Caribo dan Justy Aldrin sendiri sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Timor-Leste sehingga tidak heran apabila kegiatan IPCNM yang menghadirkan penyanyi tersebut (re-Toton Caribo dan Justy Aldrin) dihadiri oleh ribuan pengunjung.

IPCNM terselenggara berkat dukungan dari berbagai pihak diantaranya Waskita Karya, Bank Mandiri, Citilink, Pertamina, Bank BRI, Telkomcel, Wings Surya, Indofood, Aero Dili dan berbagai perusahaan lokal milik Indonesia di Timor-Leste. (Atdikbud Dili/Pusat Budaya Indonesia, Editor: Rayhan Parady/Seno Hartono)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 256 kali