Pemenang Apresiasi GTK 2022 Berbagi Tips di SAPA GTK Episode 16  17 September 2023  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek
– Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbudristek RI menyelenggarakan SAPA GTK Episode 16, yang mengangkat tema “Apresiasi GTK: Ciptakan Pembelajaran Berkualitas melalui Kurikulum Merdeka” pada Selasa 12 September 2023. Pada acara tersebut, pemenang Apresiasi GTK tahun 2022 dihadirkan untuk menstimulasi para guru dan tenaga kependidikan di seluruh penjuru tanah air agar termotivasi mengirimkan karya dan praktik baik implementasi kurikulum merdeka.
 
Dedeh Kurniasih dari Sekolah Islam Binakhair adalah pemenang Apresiasi GTK 2022 kategori Kepala Sekolah SD Inspiratif. Ia kala itu mengirimkan karya yang berjudul “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Metode Ramu Rakit dan Terap”. Pada kesempatan ini pula, ia memberikan tips kepada peserta Apresiasi GTK tahun 2023 bahwa dalam mengirimkan karya perlu ada penekanan pesan yang jelas disertai video yang menarik sebagai kunci untuk mendapatkan nilai yang lebih. 
 
“Ide dan konsep memang penting, tapi memproduksi naskah dan video yang baik juga tak kalah pentingnya. Dan yang tak kalah penting, jangan kerjakan sendiri, melainkan buatlah sebuah tim,” ujarnya semangat.  
 
Senada dengan Dedeh, Citra Suci Wulandari guru SMP Negeri 1 Jayapura turut membagikan trik dan tips kepada peserta. Citra adalah pemenang Apresiasi GTK 2022 kategori Guru SMP Inspiratif, dengan karya berjudul “Pembelajaran berdiferensiasi Produk untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Mengumpulkan Tugas via Media Sosial”.
 
“Untuk naskah, jangan lupa gunakan judul yang menarik. Selain itu, untuk video, harus tetap sesuai dengan naskah, original, perhatikan durasi, dan kaitkan dengan program pemerintah di Kurikulum Merdeka. Ingat, apapun hasil karya Bapak/Ibu, yang penting itu berdampak pada murid,” tuturnya.
 
Para guru dan tenaga kependidikan yang ingin mengikuti Apresiasi GTK, dapat mendaftar melalui laman gtk.kemdikbud.go.id/apresiasigtk yang sudah dibuka tanggal 7 September - 8 Oktober 2023.*** (Tim Ditjen GTK, Editor: Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1825 kali