Peserta Olimpiade Sains Nasional: Astronomi Itu Seru dan Menyenangkan!  01 September 2023  ← Back



Bogor, 31 Agustus 2023
— Bidang lomba astronomi menjadi salah satu bidang lomba yang memiliki daya tarik tersendiri bagi siswa jenjang SMA/MA di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN). Labiba Tuhfatus Safira, siswa SMA Negeri 1 Malang, Jawa Timur beranggapan bahwa bidang astronomi sangat seru dan menyenangkan.

“Astronomi itu seru dan menyenangkan. Kita bisa mengetahui detil-detil langit dan bulan. Terutama, yang paling berkesan saat saya mengikuti ronde observasi dengan menggunakan teleskop di malam hari. Saya tadi mengamati bulan bersama teman-teman lainnya” ungkap Labiba usai mengerjakan tes ronde observasi dalam OSN bidang Astronomi di SMA Negeri 7 Bogor, Jawa Barat, Rabu (30/8/2023) malam.

Labiba juga menambahkan ia bersama siswa peserta OSN lainnya sangat bersemangat mengikuti OSN jenjang SMA/MA yang diadakan secara luring. “Saya bisa bertemu teman-teman dari seluruh Indonesia yang suka bidang astronomi. Apalagi bisa saling bertukar pendapat tentang astronomi. Semua teman-teman disini semangat sekali,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan peserta OSN lainnya, Gregorian Eka Putra Wara, dari SMAS Santo Yoseph Denpasar, Bali. Menurutnya, astronomi menjadi jalan dirinya dalam mencintai sains. “Sejak kecil saya jatuh cinta pada astronomi karena seru sekaligus menyenangkan. Ketika itu saat saya umur 10 tahun saya mengetahui fenomena black hole. Saya senang mendapatkan pengalaman berharga di OSN. Momen ronde observasi menjadi pengalaman saya pertama kali menggunakan teleskop,” jelas Gregorian.

Juri OSN 2023 bidang lomba Astronomi, Hakim L. Malasan, mengatakan OSN bidang astronomi menjadi bidang lomba yang sangat dirindukan oleh para siswa setelah selama tiga tahun OSN diadakan secara luring. “Minat siswa di bidang astronomi dari tahun ke tahun semakin meningkat. Ronde observasi menjadi ciri khas OSN bidang astronomi dan yang paling ditunggu oleh para siswa,” tuturnya.

Labiba dan Gregorian merupakan dua siswa di antara ratusan peserta OSN jenjang SMA/MA tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Bogor, Jawa Barat, pada 28 Agustus s.d. 2 September 2023. OSN jenjang SMA/MA melombakan sembilan bidang, yaitu Matematila, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Malam Umum OSN bidang Astronomi

Di samping pelaksanaan OSN bidang astronomi di SMA Negeri 7 Bogor, pada tempat dan hari yang sama secara khusus diselenggarakan Malam Umum OSN bidang astronomi untuk menarik minat masyarakat umum kota Bogor dan peserta OSN bidang lainnya tentang astronomi.

Acara tersebut menyuguhkan pengamatan dengan teleskop, film astronomi, bazar, dan tanya jawab seputar astronomi. Hal yang unik, para pengunjung paling tertarik mencoba pengamatan dengan teleskop. Peserta OSN bidang lain seperti matematika, kebumian, fisika, dan lainnya merasa penasaran mencoba pengamatan dengan teleskop. Ditambah pada malam tersebut terdapat fenomena planet Saturnus bertemu Super Blue Moon.

“Hari ini ada fenomena menarik yaitu konjungsi planet Saturnus dan bulan. Kita lihat bulan di sebelahnya itu ada planet Saturnus. Jadi pengunjung yang datang diarahkan untuk melihat itu dan menjadi kesan yang menyenangkan bagi ratusan peserta OSN bidang lainnya yang hadir malam ini,” kata Hakim L. Malasan. (Febri/Editor:Denis)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 974 kali