ULT Kemendikbudristek Raih Penghargaan Platinum dalam The Best Contact Center Indonesia 2023  27 September 2023  ← Back

Jakarta, 27 September 2023 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Unit Layanan Terpadu (ULT) berhasil meraih penghargaan dalam acara The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2023 yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Selasa (26/9). Ini pertama kalinya bagi ULT Kemendikbudristek berpartisipasi pada ajang yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Assosiation (ICCA). Pada kesempatan ini, ULT berhasil menyabet penghargaan Platinum dengan skor 94,29 untuk kategori The Best Technology Innovation.

Pelaksana tugas Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (Plt. Kepala BKHM), Anang Ristanto, menyampaikan apresiasi atas capaian ULT Kemendikbudristek. “Terima kasih kepada Indonesia Contact Center Association yang telah memberikan penghargaan Platinum The Best Contact Center Indonesia 2023 untuk kategori The Best Technology Innovation Contact Center kepada Kemendikbudristek. Penghargaan ini sebagai motivasi kami untuk terus berinovasi dalam melayani masyarakat yang lebih baik lagi,” ucapnya di Jakarta, Selasa (26/9).

Perwakilan Tim Pengelola Contact Center Unit Layanan Terpadu (ULT) Kemendikbudristek, Emi Salpiati, mengutarakan rasa syukur dan terima kasihnya atas dukungan pimpinan dan seluruh tim contact center Kemendikbudristek. “Syukur alhamdulillah, award platinum ini kami jadikan pemacu semangat untuk mengelola contact center lebih baik lagi. Kami sadar mempertahankan penghargaan ini lebih berat daripada meraihnya. Dukungan pimpinan dan seluruh tim niscaya akan menguatkan kami mengelola contact center Kemendikbudristek,” ujar Emi Salpiati.

Menurutnya, ajang TBCCI 2023 menjadi pengakuan bagi ULT di Kemendikbudristek dalam pemanfaatan teknologi informasi yang mendukung optimalisasi layanan publik. “Ini adalah langkah besar dalam upaya kami untuk terus berinovasi dan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dan juga sebagai peluang untuk belajar dan berkolaborasi dengan pelaku contact center lainnya,” ujar perwakilan Tim Operasional Layanan Masyarakat, Achmad Moesadad.

Senada, perwakilan Tim Operasional Layanan Masyarakat, Bagus Satriya Dirgantara, mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas dukungan pimpinan di Kemendikbudristek bagi ULT Kemendikbudristek dalam mengupayakan transformasi layanan publik.  

Capaian Kemendikbudristek memenangkan Platinum Award di ajang TBCCI/The Best Contact Center Indonesia 2023 pada kategori Technology Innovation merupakan buah kerja keras Tim Cust Ops GovTechEdu dan Tim ULT Kemendikbudristek di BKHM.  Dengan tema “Raising The Bar of Customer Satisfaction by Centralized CRM System Across MoECRT’s Contact Center Unit”, Kemendikbudristek memenangkan award tertinggi dengan skor 94,29 (selisih 3,21 poin dari skor tertinggi 97,50 pada kategori yang sama).

Sebagai bagian dari perjalanan menuju layanan publik kelas dunia, tahun ini merupakan kali pertama ULT Kemendikbudristek ikut terlibat berpartisipasi dalam ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA). Saat ini Kemendikbudristek melalui Unit Layanan Terpadu di Biro Kerja Sama dan Humas sedang berusaha mewujudkan inisiatif sentralisasi sistem Customer Relationship Management (CRM) untuk layanan kepada masyarakat yang lebih baik dan lebih memuaskan.

Indonesia Contact Center Association sendiri merupakan forum yang didirikan pada tahun 2003 yang telah berkontribusi pada pertumbuhan contact center di Indonesia, khususnya pada pengembangan industri, baik mulai dari perbankan, asuransi, ritel, telekomunikasi, maupun industri minyak dan gas.

Ajang kompetisi The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) diselenggarakan oleh ICCA setiap tahun sejak tahun 2007. TBCCI yaitu suatu ajang penghargaan dunia contact center tingkat nasional di Indonesia, yang mendapatkan pengakuan secara internasional oleh Contact Center Association of Asia Pacific (CC-APAC). Kompetisi ini merupakan ajang untuk saling berbagi pengalaman dan prestasi dalam pelayanan contact center dari jenjang staf sampai dengan manajer. Diharapkan pelaku contact center mendapatkan wawasan baru serta inspirasi untuk dapat meningkatkan pelayanan yang sesuai dengan harapan masyarakat pengguna layanan.

The Best Contact Center Indonesia 2023 menjadi pelaksanaan lomba yang ke-17 dan dilaksanakan dari bulan Juni sampai dengan September 2023. Kategori lomba yang diselenggarakan secara umum dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu, Program Korporat, Individual, dan Kerja Sama Tim. Dalam kesempatan ini, ULT Kemendikbudristek mengikuti lima kategori yaitu, Corporate Teamwork The Best Reporting, The Best Quality Assurance, The Best Team Leader, The Best Agent, dan The Best Technology Innovation Corporate Program. (Rayhan Parady, Editor: Denty A.)






Fotografer: Yuswan Rosepi

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id


#Merdeka Belajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 497/sipres/A6/IX/2023

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 494 kali