Hubungan Indonesia-Mesir Semakin Kuat, KBRI di Kairo Gelar Resepsi Diplomatik  03 Oktober 2023  ← Back



Kairo, 2 Oktober 2023
--- Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) di Kairo, Lutfi Rauf menegaskan bahwa hubungan Indonesia dan Mesir, kian hari makin kuat. Hal ini dapat dibuktikan dengan terlihatnya kemajuan hubungan dan kerja sama kedua negara tersebut dalam berbagai bidang, seperti perdagangan, ekonomi, serta pendidikan dan kebudayaan.
 
Untuk itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kairo menyelenggarakan Resepsi Diplomatik di taman Wisma Duta KBRI Kairo, pada Senin (2/10). “Kemitraan dan kolaborasi antarnegara adalah kunci kesuksesan dalam menghadapi tantangan global yang kita hadapi saat ini sebagai akibat dari pandemi Covid-19 serta krisis pangan dan energi,” ungkap Dubes Lutfi dalam sambutannya.
 
Dalam bidang pendidikan, Dubes Lutfi menjelaskan bahwa saat ini terdapat 13 ribu mahasiswa Indonesia tengah menempuh pendidikan tinggi di Mesir. Mayoritas, mahasiswa Indonesia belajar di Universitas Al-Azhar, salah satu Perguruan Tinggi Islam tertua yang terus mempromosikan dan meningkatkan pengajaran dan nilai wasathiah dalam beragama.
 
“Saya apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Mesir dan masyarakat Mesir yang terus menyambut mahasiswa Indonesia dan memberi kesempatan untuk tinggal dan belajar di sini,” ungkap Dubes Lutfi.
 
Selanjutnya, di bidang ekonomi dan perdagangan, Dubes Lutfi juga menyampaikan bahwa kerja sama Indonesia-Mesir terus tumbuh selama 10 tahun terakhir. Di masa sulit pandemi Covid-19, Mesir dan Indonesia terbukti berhasil meningkatkan nilai perdagangan bilateral sebesar 56 persen.
 
“Indonesia dan Mesir bukan sedang bersaing, tetapi saling melengkapi komoditas perdagangan satu sama lain. Untuk itu, Mesir  dan Indonesia harus percaya bahwa melalui komitmen, determinasi, serta kerja keras yang kuat, kedua negara juga akan bisa lulus menghadapi tantangan ekonomi global saat ini,” ucap Dubes Lutfi.
 
Lebih lanjut, Dubes Lutfi juga menyampaikan rasa syukur bahwa Indonesia-Mesir akhirnya menandatangani kerja sama pembentukan Komite Perdagangan Bersama di Kairo, pada Mei 2023 lalu. Komite tersebut, kata Dubes Lutfi, sangat penting untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan potensi kerja sama ekonomi besar yang masih belum termanfaatkan antara kedua negara.
 
Turut hadir pada acara Resepsi Diplomatik ini, para pejabat tinggi Mesir, diplomat dan Atase Pertahanan negara-negara asing di Mesir, para pengusaha, serta mitra kerja KBRI Kairo.
 
Di tengah acara, Dubes Lutfi melakukan prosesi pemotongan kue berwarna merah putih dengan disaksikan para Dubes ASEAN. Pemotongan kue ini sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dan keberhasilan Indonesia dalam Keketuaan ASEAN tahun 2023.
 
Di samping itu, dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2023, pada Resepsi Diplomatik ini, KBRI Kairo juga menghadirkan koleksi batik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia untuk menunjukkan keragaman dan kekayaan budaya Indonesia. Dari keragaman tersebut juga tercipta budaya dan kesenian yang berbeda, termasuk ratusan tarian dan lagu daerah, yang sebagian ditampilkan pada Resepsi Diplomatik 2023. 
 
Adapun lagu-lagu daerah yang dinyanyikan secara sambung-menyambung oleh paduan suara mahasiswa Indonesia di Universitas Al-Azhar Mesir, yaitu Bungong Jeumpa dari Aceh, Sik Sik Sibatumanikam dari Sumatera Utara, Kota Baru dari Kalimantan Selatan, Yamko Rambe Yamko dari Papua, Maumere -dari Nusa Tenggara Timur, Kicir Kicir dari Jakarta, serta Si Patokaan dari Sulawesi Utara. Selain itu, kesenian musik Jawa Barat dengan kekhasannya menggunakan alat musik pentatonis gamelan sunda dan seruling juga ikut mengiringi kemeriahan acara.
 
Para tamu undangan yang hadir tampak menikmati suasana malam resepsi ini sambil mencicipi berbagai jenis makanan khas Indonesia, seperti sate, bakso, nasi goreng dan sejumlah jajanan dari berbagai daerah di Indonesia sambil menyaksikan sajian video yang mempromosikan keindahan alam dan gencarnya pembangunan yang tengah dilaksanakan Indonesia.
 
Pada kesempatan ini, Dubes RI juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada mitra dan pelaku usaha dari Mesir yang turut berpartisipasi dalam mempromosikan produk Indonesia di Mesir. Mitra dan pelaku usaha ini antara lain perusahaan Indomie Mesir, Hassan Haggag (Haggag), Mahmood Yusuf (Sunrise), Mahmood Fayoumi (Fayoumi for import and export), Mohammad Khalaf (United Egypt for Trading and Industrial Investment), Ashraf Lasheen (Egyptian Saudi for Import and Export) dan Haytham Shawkat Hussein (Vila Sumatera Coffee Company).
 
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
 
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
Dapatkan informasi lengkap tentang Merdeka Belajar melalui: http://merdekabelajar.kemdikbud.go.id
 
#MerdekaBelajar                                                           
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 569 kali