Lomba Kompetensi Siswa Peserta Didik Berkebutuhan Khusus 2023: Bakat Istimewa yang Terwujud  16 Oktober 2023  ← Back


Jakarta, 12 Oktober 2023
--- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional telah sukses menyelenggarakan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) 2023, di Jakarta, pada 7 s.d. 12 Oktober 2023. Acara Penutupan dan Penganugerahan LKS-PDBK Tingkat Nasional 2023 disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Pusat Prestasi Nasional pada Rabu, 11 Oktober 2023.

Lomba yang bertemakan Merdeka Berprestasi Talenta Vokasi Menginspirasi ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi generasi Indonesia untuk terus mengembangkan diri dan dapat mengasah bakat luar biasa para peserta.

Sebanyak 295 peserta yang berasal 35 provinsi di Indonesia saling menunjukkan talenta terbaiknya untuk mengikuti cabang lomba yang terdiri dari 9 kategori yakni: hantaran, kecantikan, kreasi barang bekas,  kriya kayu, membatik, menjahit, merangkai bunga (mini garden), tata boga, dan teknologi informasi.

Dari 9 kategori lomba, terpilih 3 orang peserta sebagai juara I, juara II, dan juara III untuk masing-masing kategori. Beberapa peserta yang berhasil terpilih memenangkan lomba mengungkapkan kegembiraan, harapan, dan kesan setelah mengikuti LKS PDBK 2023.

Raffi Fauzan, juara II LKS PDBK 2023 dalam kategori Teknologi Informasi menyampaikan bahwa dengan mengikuti kompetisi ini dirinya berharap dapat mendapatkan ilmu baru yang berguna bagi kehidupannya. “Pada ajang kompetisi kali ini, saya mendapatkan juara 2. Motivasi saya, saya harus semangat dan harus berserah sepenuhnya kepada Allah,” ujarnya.

Peserta lainnya, Nur Ferdianto, Juara 1 dalam kategori Hantaran, menyampaikan rasa gembiranya memenangkan kompetisi ini. “Senang bisa Juara 1 untuk hantaran, apalagi Juara 1 Nasional se Indonesia. Motivasi pertama saya adalah orang tua saya, ibu banyak membantu untuk pelatihan di rumah,” ujarnya.

Walau sudah mendapatkan Juara 1, namun Ferdian tidak cepat puas dan akan tetap terus belajar agar lebih baik lagi. “Harapan saya setelah kembali mau belajar lagi untuk menjadi lebih baik,” ucap Ferdian.

(Penulis: Andi Putri/Shakilah Faliha/Helyana Wulandari/Editor: Denis)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 454 kali