Pusat Budaya Indonesia Kembali Menggelar Indonesia Higher Education Expo 2023  18 Oktober 2023  ← Back

Dili, KemendikbudrikstekIndonesian Higher Education Expo 2023 kembali diselenggarakan di Pusat Budaya Indonesia, Dili, Timor-Leste pada 24, 25, dan 26 Oktober 2023. Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan Pameran Pendidikan di Distrik Oecusse yang diikuti oleh 15 Perguruan Tinggi Indonesia pada 11 dan 12 Mei 2023 lalu.
 
Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Timor-Leste mengambil peranan penting dalam memfasilitasi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Timor-Leste melalui program-program yang telah, akan dan terus dilaksanakan baik di Pusat Budaya Indonesia, KBRI Dili maupun di seluruh Distrik di Timor-Leste. Tercatat pada tahun 2022 Pemerintah Indonesia maupun Perguruan Tinggi Indonesia telah memberikan beasiswa kepada 359 mahasiswa Timor-Leste di semua jenjang pendidikan tinggi. Melalui program pendidikan diyakini dapat menjadi kekuatan untuk membina perdamaian, rasa saling pengertian dan pada akhirnya dapat mempererat hubungan kedua negara.
 
“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan jembatan bagi kedua negara dalam melakukan sinergi atas kebutuhan dan kepentingan bersama, selain itu kegiatan ini juga menjadi wadah promosi bagi perguruan tinggi Indonesia di Timor-Leste,” ucap Ikhfan Haris, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Dili.
 
Indonesian Higher Education Expo 2023 akan menjadi event terbesar selama penyelenggaraan Pameran Pendidikan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2016. Indonesia Higher Education Expo 2023 akan diikuti oleh 46 Perguruan Tinggi Indonesia diantaranya Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi, Universitas IVET, Semarang, Politeknik Negeri Malang, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Universitas Timor, Kefamenanu, Universitas Multimedia Nusantara, Jakarta, Bina Nusantara University, Jakarta, President University, Jakarta, Institut Pariwisata Trisakti, Jakarta, dan Universitas Kristen Indonesia, Jakarta.
 
Lebih lanjut, Universitas Sam Ratulangi, Manado, STIKES Telogorejo, Semarang, Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang, Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta, Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Universitas Wiraraja, Madura, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Universitas Syiah Kuala, Aceh, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Islam Bandung, Universitas Nahdlatul Ulama, Surabaya, Universitas Nusa Cendana, Kupang, Universitas Semarang, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, dan Universitas Megarezky, Makassar.
 
Kemudian, Universitas Teknokrat Indonesia, Lampung, Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya, Universitas Amikom, Yogyakarta, Universitas Kadiri, Kediri, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Institut Pertanian Stiper, Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Buton, Universitas Pattimura, Ambon, Universitas Islam Malang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Tadulako, Palu.
 
Kegiatan ini selain membuka akses informasi mengenai bursa pendidikan tinggi Indonesia juga sekaligus menjadi jembatan dalam melakukan sinergi atas kebutuhan dan kepentingan bersama antara Indonesia dan Timor-Leste. Agenda utama Indonesia Higher Education Expo 2023 meliputi tiga hal yakni:
 
  1. Bazar Pendidikan yang difokuskan untuk memfasilitasi informasi bagi calon mahasiswa asal Timor-Leste yang tertarik untuk studi di Indonesia.
  2. Partnership Meeting hosted by ISC yang difokuskan pada diskusi antara delegasi peserta pameran dengan pemangku kepentingan di bidang pendidikan Timor-Leste guna menjajaki potensi kerjasama dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) / Memorandum of Agreement (MoA). Penyelenggaraan Partnership Meeting ini bekerjasama dengan Instituto Superior Cristal yang merupakan mitra kerja Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Dili.
  3. On-site Registration dan on-site-Test yang difokuskan pada penjaringan calon mahasiswa dengan melakukan rangkaian seleksi penerimaan calon mahasiswa baru oleh Perguruan Tinggi Indonesia.
 
Indonesia Higher Education Expo 2023 merupakan wadah untuk meningkatkan kerja sama khususnya di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi termasuk peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan di Indonesia dan membuka akses seluas-luasnya bagi Putra-Putri Timor-Leste untuk dapat melanjutkan studi di Indonesia disemua jenjang, baik S1, S2 maupun S3. Diharapkan melalui kegiatan ini, masyarakat Timor-Leste dapat memperoleh informasi yang tepat dan akurat mengenai program-program yang ditawarkan oleh Perguruan Tinggi Indonesia peserta pameran.
 
Indonesia Higher Education Expo 2023 rencananya akan dibuka secara resmi oleh Wakil Perdana Menteri dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Pedesaan dan Perumahan Masyarakat, Mariano Assanami Sabino.
 
Penyelenggaraan Indonesia Higher Education Expo 2023 juga didukung oleh Bank Mandiri (Persero) Tbk Timor-Leste, Sinar Mas Insurance, SA, Citilink, Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Pertamina Internasional Timor SA, Telkomcel Timor-Lesta dan Country Choice yang merupakan Perusahaan BUMN dan BUMS Indonesia yang beroperasi di wilayah Timor-Leste. (Penulis: Atdikbud Dili, Pusat Budaya Indonesia/Editor: Rayhan Parady, Seno Hartono)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 286 kali