SEAMOLEC Berikan Pendampingan Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Indonesia Jeddah  28 Oktober 2023  ← Back


Jakarta, Kemendikbudristek Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) terus meningkatkan komitmen untuk menyediakan layanan pendidikan yang berkualitas bagi siswa yang bersekolah di Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN).
 
SILN telah berfungsi sebagai pintu gerbang untuk diplomasi kultural dan pendidikan Indonesia di tiga benua: Asia, Afrika, dan Eropa. Selain itu, SILN juga merupakan sarana penting untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dasar dan menengah bagi anak-anak Indonesia yang tinggal di wilayah tersebut.
 
Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) yang terletak di Jeddah, Arab Saudi, adalah salah satu SILN yang masih beroperasi dan mengajar siswa dengan kurikulum Indonesia. Sekolah Indonesia Jeddah terus berupaya meningkatkan akses dan kualitas pendidikan mengingat adalah hal yang sangat penting untuk mempertahankan budaya, bahasa, dan identitas Indonesia di negara lain.
 
"Pengembangan guru adalah salah satu faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan siswa. Guru yang terampil, berpengetahuan, dan terus memperbarui keterampilan mereka dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa," kata Kepala Sekolah Indonesia Jeddah, Sutikno.
 
Guna peningkatan keterampilan guru, Sekolah Indonesia Jeddah melakukan kolaborasi dengan SEAMEO Regional Learning Centre (SEAMOLEC). Ditandai dengan proses penandatanganan dokumen kerja sama antara kedua institusi yang dilakukan secara daring pada tanggal 25 Oktober 2023.
 
Kedua belah pihak mencapai kesepakatan untuk melakukan berbagai tindakan dalam hal peningkatan kualitas pendidikan di Sekolah Indonesia Jeddah. Ini termasuk melakukan pelatihan dan meningkatkan kemampuan guru.
 
Direktur SEAMOLEC, Wahyudi, mengatakan, "Pada prinsipnya, SEAMOLEC siap mendukung dengan memberikan layanan pengembangan guru di Sekolah Indonesia Jeddah, termasuk program pelatihan dalam penggunaan teknologi pendidikan, pengembangan kurikulum, serta strategi pengajaran terbaik."
 
Seperti yang telah dilakukan dengan Sekolah Indonesia Jeddah, kerja sama antara SEAMOLEC dan SILN dianggap dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkuat sistem pendidikan secara keseluruhan. Pendidikan tetap relevan serta berkualitas, dan siswa Indonesia berkembang di luar negeri lewat kolaborasi antara sekolah dengan berbagai pemangku kepentingan bidang pendidikan.
[Penulis: Tim Community Partnership, Marketing, and Publication SEAMEO SEAMOLEC | Editor:  Andrew Fangidae/Stephanie/Denty A./Seno Hartono]
Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 406 kali