36 Perguruan Tinggi Indonesia Berpartisipasi dalam Indonesia Higher Education Expo  02 November 2023  ← Back

Dili, Kemdikbudristek – Setelah sukses menyelenggarakan Pameran Pendidikan di Distrik Oecusse yang diikuti oleh 15 Perguruan Tinggi Indonesia pada 11 dan 12 Mei 2023 lalu, kini rangkaian kegiatan Indonesia Higher Education Expo 2023 kembali diselenggarakan di Pusat Budaya Indonesia, Dili, Timor-Leste pada 23 - 29 Oktober 2023.
 
Indonesia Higher Education Expo 2023 menjadi kegiatan terbesar selama penyelenggaraan Pameran Pendidikan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2016. Indonesia Higher Education Expo 2023 diikuti oleh 36 Perguruan Tinggi Indonesia. Kegiatan ini turut dihadiri delegasi perguruan tinggi Indonesia, para pimpinan perguruan tinggi Timor-Leste, serta mitra kerja Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Dili, Timor-Leste.
 
Dalam sambutannya, Wakil Perdana Menteri Timor Leste, Mariano Assanami Sabino menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada KBRI Dili yang telah menyelenggarakan kegiatan pameran pendidikan. “Saya berharap kegiatan Indonesia Higher Education Expo 2023 mampu membawa dampak positif bagi pengembangan Sumber Daya Manusia di Timor-Leste,” ujar Wakil Perdana Menteri Timor Leste, pada Senin (23/10).
 
Pada kesempatan yang sama, Duta Besar Republik Indonesia untuk Timor-Leste, Okto Dorinus Manik,menyampaikan bahwa Indonesia dan Timor-Leste berkomitmen untuk terus melakukan berbagai upaya dalam mendukung kemajuan pendidikan di lembaga pendidikan kedua negara. 
 
“Melalui Indonesia Higher Education Expo 2023 diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat dan hubungan baik kedua negara,” ungkap Okto.
 
Kegiatan ini selain membuka akses informasi mengenai bursa pendidikan tinggi Indonesia juga sekaligus menjadi jembatan dalam melakukan sinergi atas kebutuhan dan kepentingan bersama antara Indonesia dan Timor-Leste. Agenda utama Indonesia Higher Education Expo 2023 meliputi tiga hal yakni :
1.     Bazar Pendidikan yang difokuskan untuk memfasilitasi informasi bagi calon mahasiswa asal Timor-Leste yang tertarik untuk studi di Indonesia. 
2.     Partnership Meeting hosted by Instituto Superior Cristal (ISC) yang difokuskan pada diskusi antara delegasi peserta pameran dengan pemangku kepentingan di bidang pendidikan Timor-Leste guna menjajaki potensi kerjasama dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)/Memorandum of Agreement (MoA). Penyelenggaraan Partnership Meeting ini bekerja sama dengan ISC yang merupakan mitra kerja Atdikbud KBRI Dili.
3.     On-site registration dan on-site-test yang difokuskan pada penjaringan calon mahasiswa dengan melakukan rangkaian seleksi penerimaan calon mahasiswa baru oleh perguruan tinggi Indonesia.
 
Dalam kegiatan Partnership Meeting, terdapat 19 MoU/MoA yang ditanda tangani perguruan tinggi Indonesia dengan perguruan tinggi Timor-Leste.
 
Setiap gelaran Indonesia Higher Education Expo selalu dilengkapi dengan agenda on-site test yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi Indonesia peserta pameran. Kegiatan on-site test pada Indonesia Higher Education Expo 2023 dilaksanakan pada 25 - 29 Oktober 2023 bertempat di Pusat Budaya Indonesia. Ada 5 (lima) ruangan khusus yang disiapkan dengan kapasitas 25 orang untuk mendukung pelaksanaan on-site test. Peserta on-site test merupakan pengunjung yang telah mendaftarkan diri secara langsung pada saat acara pameran pendidikan berlangsung. Setidaknya terdapat 15 perguruan tinggi Indonesia yang melaksanakan on-site test. Jumlah peserta yang mengikuti on-site test sebanyak 1.284 orang.
 
“Indonesia Higher Education Expo 2023 merupakan wadah untuk meningkatkan kerja sama khususnya di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi termasuk peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan di Indonesia dan membuka akses seluas-luasnya bagi Putra-Putri Timor-Leste untuk dapat melanjutkan studi di Indonesia disemua jenjang, baik S1, S2 maupun S3”, ungkap Ikhfan Haris, Atdikbud KBRI Dili.
 
Lebih lanjut, Ikhfan Haris menyampaikan harapannya melalui kegiatan ini, masyarakat Timor-Leste dapat memperoleh informasi yang tepat dan akurat mengenai program-program yang ditawarkan oleh Perguruan Tinggi Indonesia peserta pameran.
 
Rangkaian kegiatan Indonesia Higher Education Expo 2023 diawali dengan pemberian kuliah tamu oleh Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi, Hikmahanto Juwana, di dua perguruan tinggi Timor-Leste yakni Universidade de Dili dan Universidade Oriental Timor Lorosae. Pemberian kuliah tamu juga dilakukan di Dili Institute of Technology pada kegiatan Partenership Meeting.
 
Secara keseluruhan terdapat 34 MoU/MoA yang ditandatangani selama pelaksanaan Indonesia Higher Education Expo 2023. Selama pameran berlangsung pada 24 – 26 Oktober 2023, setidaknya tercatat sebanyak 5.054 pengunjung yang hadir pada kegiatan Indonesia Higher Education Expo 2023.
(Atdikbud Dili, Pusat Budaya Indonesia/Editor: Rayhan Parady, Seno Hartono)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 737 kali