ASEAN Film Week 2023 Jadi Momentum Pererat Kerja Sama Negara ASEAN  20 November 2023  ← Back



Dili, Kemdikbudristek
– Lima Kedutaan Besar ASEAN yang berkedudukan di Dili berkolaborasi menyelenggarakan ASEAN Film Week (AFW) pada 20 – 24 November 2023. Kelima Kedutaan Besar tersebut meliputi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Kedutaan Besar Kerajaan Thailand, Kedutaan Besar Malaysia, Kedutaan Besar Filipina, dan Kedutaan Besar Brunei Darussalam.
 
AFW 2023 dibuka secara langsung oleh Wakil Menteri Luar Negeri Republik Demokratik Timor-Leste, Milena Rangel pada Senin (20/11). Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh berbagai tamu undangan yang terdiri dari Korps Diplomatik dan Organisasi Internasional serta tamu undangan lainnya.
 
Pusat Budaya Indonesia, KBRI Dili dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan AFW 2023. Terdapat 5 film yang ditayangkan selama AFW 2023 berlangsung.
 
“Kegiatan ini sebagai salah satu wadah promosi untuk memperkenalkan budaya yang ada di negara ASEAN sekaligus sebagai platform untuk membina ikatan dan pertukaran lintas budaya melalui pemutaran film kepada masyarakat luas serta warga internasional yang ada di Timor Leste,” ungkap Okto Dorinus Manik, Duta Besar RI – RDTL.
 
Lebih lanjut Dubes Okto menyampaikan bahwa kegiatan pertama kali ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk dijadikan kegiatan rutin yang dapat dilaksanakan setiap tahun bagi negara-negara anggota ASEAN yang ada di Timor Leste.
 
Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Dili, Ikhfan Haris, mengungkapkan bahwa kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi negara-negara ASEAN untuk dapat meningkatkan kerja sama di bidang budaya dan industri kreatif.
 
“AFW 2023 ini dapat dijadikan wadah peningkatan kerja sama budaya khususnya melalui industri kreatif, harapannya kedepannya negara ASEAN ini dapat berkolaborasi untuk membuat karya film bersama dengan menampilkan latar belakang dari negaranya masing-masing,” ucap Ikhfan Haris.
 
Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Timor-Leste, Milena Rangel, dalam sambutannya mengungkapkan menyambut postif pelaksanaan kegiatan ini dan berharap tahun depan Film Timor-Leste dapat juga diikutkan dalam kegiatan seperti ini.
 
“Acara ini merupakan gestur solidaritas dan dukungan dari para negara anggota ASEAN untuk memastikan bahwa aksesi Timor-Leste pada ASEAN merupakan komitmen kolektif dan tanggung jawab bersama. Baik dari Timor-Leste maupun ASEAN,” ujar Milena.
 
Film yang ditayangkan pada gelaran AFW 2023 meliputi, Yasmine (Brunei Darussalam), Love Destiny: The Movie (Thailand), Kongsi Raya (Malaysia), Perfumed Nightmare (Filipina), dan Sekola Rimba (Indonesia).
 
Gelaran AFW 2023 menuai banyak apresiasi baik dari Pemerintah Timor-Leste maupun dari kalangan masyarakat.
Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 245 kali