Kemendikbudristek Apresiasi Flobamora Festival Ikut Perkuat Ekosistem Film Pendek Nasional  27 November 2023  ← Back

Jakarta, 27 November 2023 — Komunitas Film Kupang akan menggelar Flobamora Film Festival 2023 mulai 27 November hingga 16 Desember 2023. Kegiatan tersebut merupakan festival film pendek pertama berskala nasional yang diselenggarakan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Ahmad Mahendra memberikan apresiasi atas diselenggarakannya Flobamora Film Festival 2023 yang diinisiasi oleh Komunitas Film Kupang. Ia menyampaikan adanya festival ini menjadi momentum besar untuk memperkuat perkembangan film di NTT.
 
“Saya menyambut baik dan mengapresiasi inisiasi Komunitas Film Kupang yang telah memprakarsai terlaksananya Flobamora Film Festival 2023 sebagai langkah besar memperkuat perkembangan film di NTT,” ujar Mahendra pada Senin (27/11).
 
Mahendra menambahkan bahwa Kemendikbudristek selalu berkomitmen untuk memberikan kesempatan kepada pegiat sinema di tanah air guna mengekspresikan karya terbaiknya. Dengan adanya Flobamora Film Festival 2023 diharapkan akan melahirkan sineas-sineas muda yang bertalenta dan berdaya saing.
 
“Mutu film-film Indonesia harus semakin berkembang setiap waktunya. Maka dari itu Kemendikbudristek mencoba memfasilitasi para sineas di seluruh Indonesia untuk melahirkan karya terbaiknya dan dapat disebarluaskan ke publik. Hal ini juga sebagai bentuk perhatian pemerintah pada Indonesia bagian timur,” papar Mahendra.
 
Flobamora Film Festival bermula dari penyelenggaraan Parade Film NTT tahun 2021. Setahun kemudian, berlatar agenda tersebut, Komunitas Film Kupang melebarkan programnya menjadi Flobamora Film Festival pada 27--30 Oktober 2022.
 
Tahun 2023, Flobamora Film Festival menargetkan lebih dari 50 film pendek lokal maupun nasional, fiksi, serta dokumenter dapat ikut berpartisipasi. Dalam pelaksanaannya, festival ini selalu mencoba menghadirkan pegiat-pegiat film dari daerah lain di NTT untuk membangun jejaring antar pegiat dan komunitas perfilman.
 
Flobamora Film Festival 2023 akan berlangsung di Taman Budaya Gerson Poyk Kupang dan di lima kelurahan di Kota Kupang. Festival ini menghadirkan sejumlah program seperti kompetisi film pendek se-NTT, kompetisi film pendek pelajar se-NTT, Bakumpul Komunitas Film, KFK Film Lab, Layar Nusantara, dan Layar Pelajar serta Diskusi Publik. Selain itu juga pada pra-festival telah dilaksanakan pelatihan produksi film pelajar, workshop film pelajar bersama siswa SMA dan SMK di Kota Kupang. (Tim Dit. PMM / Editor: Destian)

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 670/sipers/A6/XI/2023

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 134 kali