Peringati HGN 2023, Balai Besar Guru Penggerak Jawa Barat Gelar Semarak Karya GTK  22 November 2023  ← Back

Bekasi, 22 November 2023 -- Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023, Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat menyelenggarakan Semarak Karya Hari Guru Nasional 2023. Tahun ini, tema yang diusung adalah “Transformasi Pendidikan melalui Merdeka Belajar Wujudkan Insan Berkarakter dan Berwawasan Global”. Acara ini dilakukan sebagai wujud apresiasi BBGP kepada para pendidik dan tenaga kependidikan di wilayah Provinsi Jawa Barat yang telah berhasil membuat inovasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

Kegiatan “Semarak Karya Hari Guru Nasional 2023: Transformasi Pendidikan melalui Merdeka Belajar Wujudkan Insan Berkarakter dan Berwawasan Global” dibuka oleh Kepala Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Barat, Mohamad Hartono. Dalam sambutannya, Hartono menyampaikan bahwa guru dan tenaga kependidikan memiliki posisi strategis untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, guru dan tenaga kependidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta menjadi agen transformasi penguatan SDM Indonesia untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

“Semarak Karya Hari Guru Nasional 2023 yang bertema Transformasi Pendidikan melalui Merdeka Belajar Wujudkan Insan Berkarakter dan Berwawasan Global merupakan bentuk apresiasi serta ajang para guru dan tenaga kependidikan untuk saling berbagi praktik baik, aksi nyata, dan berbagai macam kreativitas pembelajaran dalam berbagai rangkaian lomba pada Hari Guru Nasional 2023,” ujar Hartono saat pembukaan di Bekasi, Senin (20/11).

Senada dengan itu, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nunuk Suryani, menuturkan bahwa program apresiasi GTK merupakan salah satu bentuk dukungan untuk memberikan penghargaan berkelanjutan bagi guru dan tenaga kependidikan yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan peran dan tugasnya masing-masing.

“Apresiasi guru dan tenaga kependidikan dirancang dengan harapan agar para guru dan tenaga kependidikan di penjuru tanah air semakin terdorong untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai terobosan Merdeka Belajar,” tutur Nunuk.

Lebih lanjut diungkapkan Nunuk, apresiasi guru dan tenaga kependidikan dilaksanakan untuk memunculkan guru dan tenaga kependidikan yang telah menunjukkan praktik baik dalam mengimplementasikan kepemimpinan, pendampingan, atau implementasi pembelajaran berdiferensiasi.

“Saya berharap kegiatan penganugerahan apresiasi guru dan tenaga kependidikan 2023 yang diselenggarakan oleh Balai Guru Penggerak di setiap provinsi dapat menginspirasi para guru dan tenaga kependidikan lainnya untuk terus melakukan praktik-praktik baik demi tercapainya pembelajaran yang berpusat pada siswa,” imbuh Nunuk.

Kegiatan ini diikuti oleh 1.025 insan pendidikan yang terdiri dari guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, komunitas belajar, dinas pendidikan kabupaten/kota, dan UPT Kemendikbudristek di Provinsi Jawa Barat. Berbagai lomba yang diselenggarakan adalah Fisibel (Festival Inovasi Pembelajaran Berpihak pada Peserta Didik), Filtrasi (Festival Literasi Bagi Guru Penggerak), Berbudaya (Berbagi Bukti Aksi Nyata dan Karya Implementasi Kurikulum Merdeka), Atraksi (Ajang Tampil Kreatif Sekolah Penggerak untuk Transformasi), Berkarya (Berbagi Kreativitas melalui Karya Teknologi Pembelajaran), dan Viralkan (Lomba Video Praktik Baik Kolaborasi Pendidikan). Seluruh lomba tersebut dilakukan mulai tanggal 20-23 November 2023 di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Selain itu, BBGP juga mengembangkan inovasi pembelajaran keliling yang diberi nama Kareta Sobat (Kendaraan Rekreatif Edukatif Sarana Kolaborasi BBGP Provinsi Jawa Barat) yang telah diluncurkan tahun 2022. Kareta Sobat hadir untuk mendekatkan layanan BBGP Provinsi Jawa Barat kepada komunitas pendidikan di seluruh kabupaten/kota di Jawa barat baik peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, serta masyarakat umum. Pada peringatan HGN tahun 2023, Kareta Sobat hadir dalam “Semarak Karya Hari Guru Nasional 2023: Transformasi Pendidikan melalui Merdeka Belajar Wujudkan Insan Berkarakter dan Berwawasan Global” untuk mengenalkan dan memberikan pengalaman secara langsung kepada para peserta dalam memperoleh layanan BBGP Provinsi Jawa Barat. (Tim Ditjen GTK / Editor: Denis)







Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
 
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
Dapatkan informasi lengkap tentang Merdeka Belajar melalui: http://merdekabelajar.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 656/Sipers/A6/XI/2023

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2124 kali