Perkuat Program Kebudayaan dan Pendidikan, Diplomat Indonesia Kunjungi Universitas Waseda Jepang  20 November 2023  ← Back



Tokyo, Kemendikbudristek Guna memperkuat program kebudayaan dan pendidikan, sekaligus menandai peningkatan hubungan pendidikan dan budaya antara Indonesia dan Jepang, Delegasi Diplomat Indonesia yakni Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Merangkap Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi, didampingi Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Tokyo, Yusli Wardiatno mengunjungi Universitas Waseda pada hari Rabu, (15/11).

Kunjungan tersebut diterima oleh Dekan Sekolah Ilmu Sosial, Osamu Soda, Wakil Direktur bidang Administrasi, Tomoaki Wakamatsu, dan sejumlah dosen, termasuk ilmuwan diaspora Indonesia, Riela Provi Drianda.

Tujuan kunjungan ini adalah untuk memperkuat kerja sama pendidikan antara Indonesia dan Jepang, khususnya dalam bidang ilmu politik, sosial budaya, dan teknik. Agenda kunjungan mencakup diskusi tentang rencana penyelenggaraan pameran sejarah Majapahit dan pementasan budaya Indonesia di kampus Universitas Waseda, yang dijadwalkan pada kuartal pertama tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut merupakan kelanjutan dari pameran sejarah Sriwijaya yang akan berlangsung pada Desember 2023, bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Delegasi Diplomat Indonesia lainnya yakni Sekretaris I Fungsi Politik, Budi Akmal Djafar, juga menekankan pentingnya memahami sejarah Sriwijaya dan Majapahit, khususnya dalam konteks Indonesia yang saat ini berpenduduk mayoritas Muslim.

Senada dengan itu, Dubes Heri turut mendorong atas pemahaman sejarah tersebut untuk menunjukkan keragaman dan kedalaman sejarah dan budaya Indonesia kepada masyarakat Jepang.

“Kami mengundang seluruh civitas Universitas Waseda mengunjungi pameran Sriwijaya di gedung baru KBRI Tokyo pada Desember mendatang,” ucap Heri seraya berharap akan diselenggarakannya pementasan seni budaya Indonesia saat pameran Majapahit dilakukan tahun depan di kampus Waseda.

Selanjutnya, dalam hal kerja sama antar pendidikan tinggi, Atdikbud Yusli Wardiatno juga berkesempatan mengenalkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Indonesia dan program Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) yang merupakan bagian dari program Merdeka Belajar yang digulirkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Mengakhiri pertemuan, Dekan Osamu Soda mengungkapkan keinginan Universitas Waseda untuk menjadi mitra dari Kemendikbudristek di tahun 2024. Osamu turut mengundang Kemendikbudristek lewat Kantor Atdikbud KBRI Tokyo untuk menjelaskan program IISMA di kesempatan terpisah.

Sebagai informasi, terdapat dua universitas, yaitu Keio University dan Osaka University di Jepang yang telah menjadi mitra program IISMA. Kunjungan yang telah dilaksanakan di Universitas Waseda diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang bagi kerja sama pendidikan, kebudayaan, dan pertukaran ilmiah antara Indonesia dan Jepang. (Penulis: Atdikbud Tokyo | Editor:  Andrew Fangidae/Stephanie W./Denty A./Seno Hartono)
 
Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 622 kali