Apresiasi Kampus Merdeka, Para Mitra Sebut Peserta Magang Banyak Berkontribusi pada Perusahaan  13 Desember 2023  ← Back

Jakarta, 13 Desember 2023 – Testimoni positif tentang Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) datang dari berbagai perusahaan mitra. Program ini dianggap telah membantu perusahaan untuk memperoleh talenta berkualitas yang mampu berkontribusi terhadap pengembangan bisnis, sesuai dengan standar kompetensi yang dibutuhkan.

“Ini adalah suatu terobosan yang luar biasa. Bagi kami di Blibli, program magang ini adalah seperti jawaban atas doa kami setelah sekian lama,” tutur Sandra Kumalasari, Group Head Human Capital Blibli.

Hal ini disampaikan dalam Gelar Wicara Mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) Kampus Merdeka bertajuk “Menggali Dampak Program Magang Kampus Merdeka pada Inovasi Bisnis dan Perekrutan Talenta" pada hari kedua Vokasifest x Festival Kampus Merdeka, Selasa (12/12).

Sandra yang telah cukup lama berkecimpung di bidang perekrutan sumber daya manusia mengaku kerap merasa frustasi ketika mencari calon karyawan. Untuk mengisi satu posisi ia harus menyeleksi lebih dari 100 kandidat, dan sering kali kandidat yang terpilih masih belum memenuhi standar yang diharapkan.

Melalui Program MSIB, perusahaan dapat menemukan talenta-talenta potensial yang nantinya dapat direkrut sebagai karyawan tetap. “Meski baru berjalan 3 tahun, karyawan saya yang sebelumnya mengikuti magang Kampus Merdeka memiliki hasil yang jauh lebih terlihat dibandingkan dengan karyawan yang masuk sebagai fresh graduate,” lanjutnya.

Mahasiswa dengan berbagai potensi dan kreativitas yang dimiliki juga dianggap mampu menghadirkan banyak ide segar, yang mendorong inovasi dalam berbagai area kerja perusahaan. Di Telkomsel, misalnya, peserta magang banyak dilibatkan dalam pengembangan produk dan layanan bagi pelanggan, mulai dari aplikasi yang diperuntukkan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) hingga dashboard pemantauan performa kampanye business-to-business.

“Kalau disebutkan satu per satu terlalu banyak. Salah satu proyek yang dikerjakan adalah revamp tampilan salah satu aplikasi yang dulu bisa dikatakan masih old school. Ini mendapat apresiasi dari pengguna dan juga dari pelanggan,” tutur Didin Miftahudin selaku General Manager Outsourcing and Internship Management Telkomsel.

Ia pun memuji para peserta MSIB yang dapat dengan mudah menerima arahan dan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat sesuai dengan arahan yang diberikan. Didin melanjutkan, kehadiran mahasiswa tidak hanya membawa dampak positif berupa inovasi bisnis, namun juga ikut mendorong terciptanya iklim inovasi di dalam perusahaan.

“Inovasi sudah menjadi kultur di Telkomsel, tetapi kami butuh juga stimulus dari luar. Harapannya mahasiswa yang magang bisa mendorong kami-kami ini, selain berinovasi, juga menjadi agile,” imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Senior Manager Talent Acquisition and Employer Branding Surya Citra Media, Ahdiat Permana, juga menuturkan bahwa kreativitas dan keterampilan para peserta magang dapat melengkapi pengalaman yang dimiliki para pekerja kreatif di media.

“Yang sering kita butuhkan adalah kreativitas, karena selalu ada sesuatu yang baru, selalu ada sesuatu yang viral, dan sesuatu yang menarik. Hal itu didapatnya dari anak-anak magang,” tutur Ahdiat Permana.

Peserta magang, terangnya, diberi kepercayaan untuk terlibat dalam program-program rutin, dan menghasilkan output yang turut ditampilkan di layar kaca. Salah satu hasil karya peserta magang, terang Ahdiat, adalah animasi yang tampil di gelaran Piala Dunia tahun 2022 lalu.

Peserta magang di PT INKA juga berhasil menghasilkan produk yang tidak kalah menarik, salah satunya Bis Listrik Merah Putih yang dikembangkan dengan melibatkan konsorsium empat perguruan tinggi. Menurut Triaji Widi Atmojo, Senior Manajer Pengembangan Produk dan Teknologi PT INKA, kolaborasi dengan dunia pendidikan tinggi banyak memberikan manfaat positif bagi industri.

“Program MSIB menjadi cara kami untuk memenuhi kebutuhan, dan ini sangat bermanfaat  ketika kita harus berlomba dan berkompetisi dengan perusahaan dari negara lain,” tutur Triaji. (Penulis: Tim MBKM / Editor: Stephanie W.)



Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id


#MerdekaBelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 726/sipres/A6/XII/2023

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 360 kali