Dorong Kualitas Akreditasi Pendidikan Tinggi: BAN-PT Jalin Kerja Sama dengan JIHEE Jepang  01 Desember 2023  ← Back



Tokyo
, Kemendikbudristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus tunjukkan komitmen mendorong peningkatan akreditasi pendidikan tinggi di Indonesia. Komitmen tersebut terwujud lewat jalinan kerja sama yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Japan Institution for Higher Education Evaluation (JIHEE) yang dilaksanakan di Tokyo, Jepang, pada tanggal 27-28 November 2023.
 
Direktur Dewan Eksekutif (BAN-PT), Ari Purbayanto, mengungkapkan pentingnya jalinan kerja sama yang telah dilakukan dengan JIHEE. “BAN-PT mendorong akselerasi implementasi hasil kerja sama tersebut untuk dapat diterapkan dalam sistem penjaminan mutu eksternal perguruan tinggi di Indonesia,” ucap Ari.
 
Dalam pertemuan tersebut Ari turut mengapresiasi beragam kerja sama yang telah dilakukan antara BAN-PT dengan JIHEE, yang merupakan salah satu dari lima lembaga akreditasi institusi perguruan tinggi di Jepang, terutama kerja sama dalam bidang pendidikan vokasi di Indonesia.
 
Tak ketinggalan, Presiden JIHEE, Ishii Masahiko, menyampaikan bahwasanya JIHEE telah menunjukkan inovasi dalam mengevaluasi capaian kinerja perguruan tinggi, yang dilaporkan kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho) untuk pembinaan seraya mendorong kolaborasi antara JIHEE dengan BAN-PT berkelanjutan guna peningkatan kualitas pendidikan tinggi di kedua negara.
 
Selanjutnya di kesempatan terpisah, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Tokyo, Yusli Wardiatno, menyoroti kebermanfaatan jalinan kerja sama dunia pendidikan tinggi yang telah dilakukan oleh BAN-PT dengan JIHEE.
 
“Kerja sama dengan lembaga seperti JIHEE sangat vital untuk membawa sistem akreditasi pendidikan tinggi Indonesia sejajar dengan standar internasional. Kami mendukung penuh inisiatif BAN-PT dalam hal ini,” urai Yusli saat melakukan audiensi dengan Ari Purbanyanto dan Anggota Dewan Eksekutif Bidang Data dan Sistem Informasi, BAN-PT, Agus Setyo Muntohar.
 
Lewat penyesuaian sistem dan instrumen akreditasi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 53 Tahun 2023, BAN-PT berharap mendapat wawasan baru untuk pengembangan instrumen akreditasi yang responsif terhadap kebutuhan dan tantangan zaman.
 
Kunjungan tersebut menandai langkah penting dalam usaha BAN-PT untuk meningkatkan kualitas akreditasi pendidikan tinggi di Indonesia melalui pembelajaran dari praktik terbaik di Jepang dan kerja sama erat dengan KBRI Tokyo lewat Atdikbud KBRI Tokyo, guna memajukan pendidikan tinggi Indonesia di kancah internasional. (Penulis: Atdikbud KBRI Tokyo | Editor:  Andrew Fangidae/Stephanie/Denty A./Seno Hartono)
 
Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 520 kali