Implementasikan Kesetaraan Gender, Kemendikbudristek Raih IPIMTI Award Tahun 2023  22 Desember 2023  ← Back

Jakarta, 22 Desember 2023 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meraih penghargaan atas upayanya dalam menerapkan kebijakan pengarusutamaan gender lewat penempatan Aparatur Sipil Negara (ASN) perempuan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi pada tahun 2023 sebesar 60,2 persen. Penghargaan ini diberikan oleh Ikatan Pimpinan Tinggi Perempuan Indonesia (IPIMTI) di Jakarta, pada Jumat (22/12).

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, mengatakan, Kemendikbudristek akan terus mendorong keterwakilan serta peran kepemimpinan perempuan di dalam jabatan-jabatan strategis struktural. Hal ini, kata Suharti, merupakan upaya afirmasi dalam mengedepankan kesetaraan gender serta meningkatkan kompetensi SDM perempuan di lingkungan Kemendikbudristek.

“Alhamdulillah karena kepercayaan Mas Menteri menempatkan perempuan-perempuan dalam Jabatan Tinggi Madya dan Pratama di Kemendikbudristek, kita mendapatkan penghargaan dengan urutan ke-4 untuk kategori kementerian/lembaga. Penghargaan ini dapat menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia untuk terus berkarya hingga menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya,” tutur Suharti.

Sebagai institusi pendidikan, kata Suharti, Kemendikbudristek tidak hanya mempertimbangan proporsi keterwakilan perempuan dalam organisasi tetapi juga memperhatikan kompetensi yang dimilikinya. “Tantangan ke depannya adalah bagaimana mempersiapkan SDM perempuan Indonesia memiliki kompetensi untuk mampu berkiprah dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa,” ucap Suharti.

Sementara itu, Presidium Ikatan PIMTI Perempuan Indonesia, Lenny N. Rosalin, menerangkan, IIPIMTI Award merupakan bentuk apresiasi kepada kementerian/lembaga pemerintah dan pemerintah daerah yang telah konsisten menerapkan kebijakan afirmatif bagi perempuan untuk mewujudkan kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah dalam meningkatkan kesetaraan dan keadilan gender.

"Perlu apresiasi kepada pimpinan Kementerian/Lembaga dalam mendorong keterlibatan perempuan utamanya kepada ASN yang memiliki posisi strategis di pemerintahan," pungkasnya. (Penulis: Denis/Editor: Azis P)



Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
 
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
 
#MerdekaBelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 754/sipers/A6/XII/2023

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 400 kali