Kemendikbudristek akan Tampilkan Seni Silang Media Bahas Isu Lingkungan dan Bumi  22 Desember 2023  ← Back

Jakarta, 22 Desember 2023 -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media akan menggelar Jack True Dream Service (JTDS) 6.0 seri Riposte pada Sabtu (23/12) di Amphitheater Selasar Sunaryo Art Space, Bandung, Jawa Barat. Pagelaran tersebut merupakan pertunjukan audio visual yang eksploratif berbasis teknologi digital yang menyoroti persoalan lingkungan hidup.
 
Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Ahmad Mahendra, mengatakan bahwa persoalan lingkungan hidup dan keberlanjutan masa depan bumi terus menjadi sorotan dan pembahasan hingga saat ini. Beragam cara dipertunjukkan guna mengingatkan manusia mengenai arti penting lingkungan dan bumi. Seni silang media JTDS 6.0 seri Riposte yang dipersembahkan ini merupakan salah satu program untuk mengajak manusia mencintai bumi yang terus mengalami perubahan besar kemudian berdampak pada alamnya.
 
“Pertunjukan JTDS 6.0 seri Riposte bernilai penting yang diharapkan melalui kreativitas seni silang media mampu membuka sudut pandang manusia dari berbagai generasi tentang perubahan lingkungan dan bumi serta dampaknya,” ucapnya.
 
Mahendra menambahkan, pertunjukan silang media JTDS 6.0 telah lama dipertontonkan sejak tahun 2015 sampai saat ini. Menurutnya, aksi kreasi JTDS 6.0 menjadi menarik sebab dirancang pengembangannya tak hanya dapat berinteraksi dengan manusia sebagai aktor utama di bumi, tetapi juga obyek lainnya.
 
JTDS 6.0 seri Riposte kali ini akan mengedepankan pengalaman audio sebagai artistik dan ruang peristiwa dengan balutan visual yang sudah menjadi ciri khas bagi sutradara Deden Jalaludin Bulqini. Untuk informasi, Bulqini merupakan seorang seniman visual yang belasan tahun bersentuhan dengan pertunjukan teater, konser, video klip, tari, dan lainnya.
 
Dalam seni silang media JTDS 6.0 seri Riposte akan dihadirkan kolaborasi istimewa bersama permainan kelompok Hadrah dan juga musisi serta seniman lintas budaya.  Kolaborator kali ini, yakni Musisi Deadsquad, Vicky Mono dan penampilan tari dari Sanggar Aruntala dari Lombok Nusa Tenggara Barat. Kembali di pertunjukan seri Riposte, Aktor Heliana Sinaga akan berperan dengan musisi Harry ‘Koi’ Pangabdian MY. Naskah ditulis oleh Sandra Fiona Long, Vicky Mono dan Faisal Syahreza yang sekaligus menjadi dramaturgi.
 
Sebagai informasi tambahan, pada showcase sebelumnya JTDS seri 3.0 yang berlokasi di Institut Francais Indonesie (IFI), Bandung, menampilkan aktor Sophia Constantine, musisi Danil Usman serta didukung oleh Australian Council dan Kath Papas Productions. Kemudian berlanjut ke JTDS 4.0 seri Metamorf bersama penulis naskah Sandra Fiona Long yang menjadi penampil di Art Jog 2023. Dan terakhir berlokasi di Lombok, JTDS Seri 5.0 seri Song of The Earth digelar di acara Festival Komunitas Seni Media 2023. (Penulis: Tim Dit. PMM / Editor: Laili)


 
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
 
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
 
#MerdekaBelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 753/sipers/A6/XII/2023

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 522 kali