Kemendikbudristek Gelar Pertunjukan Silang Media “Waktu Batu, Rumah yang Terbakar”   04 Desember 2023  ← Back

Jakarta, 4 Desember 2023 — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media berkolaborasi dengan Garasi Performance Institute, akan menggelar pertunjukan silang media teater, video game, dan sinematografi berjudul "Waktu Batu, Rumah yang Terbakar" (WB.RyT) di Benteng Fort Rotterdam, Makassar, Sulawesi Selatan.

Kegiatan yang akan berlangsung pada 5-6 Desember 2023 ini merupakan pertunjukan yang pertama kalinya digelar di kota Makassar. Pentas tersebut mengangkat tema tentang duka ekologis dengan merujuk pada rasa sedih akibat kepunahan atau akan punahnya ekosistem akibat perubahan lingkungan dan modernitas.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, Hilmar Farid mendukung penuh pertunjukan ini sebagai bentuk semangat lintas media serta berharap kota-kota lain di Indonesia juga dapat merasakan atmosfer dari pertunjukan WB.RyT.

“Semangat lintas media dalam pertunjukan WB.RyT menjadi penanda penting dari praktik artistic (seni) hari ini. Saya berharap selain di Makassar, WB.RyT juga bisa disaksikan penonton di kota-kota lain di Indonesia,” ucap Hilmar di Jakarta (4/12).

Senada dengan Hilmar, Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, menilai pertunjukan ini sangat penting dalam era modern.

"Melalui persembahan pertunjukan silang media ini, diharapkan mampu membuka sudut pandang dari berbagai generasi tentang dampak perubahan iklim maupun modernitas. Alhasil, setiap generasi memiliki pendapatnya secara objektif," ujar Mahendra.

Mahendra menambahkan, pertunjukan silang media ini juga menjadi warna baru yang dapat menambah keragaman seni di tanah air yang juga tak lepas dari peran serta komunitas dalam memberikan perspektif baru suatu pertunjukan teater.

"Dengan begitu, hal ini dapat mendorong pemajuan kebudayaan yang sedang menjadi perhatian pemerintah, dalam hal ini Kemendikbudristek. Ragam bentuk presentasi seni yang muncul membuat pemajuan kebudayaan menjadi lebih kuat karena dukungan karya kreatif hasil karya komunitas," kata Mahendra.

Selain itu, sutradara WB.RyT, Yudi Ahmad Tajudin, munuturkan bahwa inovasi silang media dalam karya WB.RyT menjadi penguat pesan substansi materi ke masyarakat yang akan menontonnya. Menurutnya, melalui karya WB.RyT, Garasi Performance Institute ingin membuka percakapan tentang watak dan artikulasi duka ekologis, serta menjadi pemantik praktik nyata apa yang dapat dilakukan agar tragedi dalam karya tidak akan terjadi.

“Dalam meluaskan dan mendekati secara kritis percakapan tentang tema duka ekologis, Teater Garasi menggarap ulang WB.RyT tahun ini dengan menajamkan sisi kesilang-mediaan antara teater dengan video game, sinematografi, dan menguatkan unsur-unsur visual dan tata Cahaya,” ungkap Yudi.

Selain karya WB.RyT, Yudi juga pernah menyutradarai pertunjukan lainnya dengan judul “Setelah Lewat Djam Malam”. Melalui penyutradaraan karya tersebut, Yudi berhasil meraih penghargaan Karya Seni Pertunjukan Pilihan Tempo tahun 2022.

WB.RyT merupakan versi terkini dari proyek panjang Waktu Batu yang dimulai sejak tahun 2001. Sepanjang  tahun 2002-2006 WB.RyT telah melahirkan beberapa versi pertunjukannya yang dipentaskan di beberapa kota di Indonesia, Singapura, Berlin, dan Tokyo.

Pada tahun 2022, pentas WB.RyT juga telah ditampilkan pada Indonesia Bertutur 2022 dan kemudian pada tahun ini telah dipentaskan kembali di ARTJOG Yogyakarta dan Djakarta International Theatre Platform, Jakarta. (Tim Dit. PMM / Editor: Destian).

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI        
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 694/sipers/A6/XII/2023

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 262 kali