Kemendikbudristek Resmikan Gedung Kantor Bahasa Provinsi Maluku  29 Desember 2023  ← Back




Ambon, Kemendikbudristek --
Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), E. Aminudin Aziz, meresmikan gedung Kantor Bahasa Provinsi Maluku (KBPM). Turut hadir pada peresmian ini, Inspektur I Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek, para pejabat eselon II di lingkungan Badan Bahasa, dan para pemangku kepentingan lain.

“Kita patut bersyukur, akhirnya Kantor Bahasa Maluku berdiri di atas kaki sendiri,” ungkap Kepala Badan Bahasa, di KBPM, Ambon, pada Kamis (28/12).

Dengan adanya gedung ini, Aminudin berharap, dapat menjadi tempat pelayanan publik dalam pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra daerah serta bahasa dan sastra Indonesia di Provinsi Maluku.

“Dengan adanya kantor yang baru ini juga, pelayanan dan kinerja staf menjadi jauh lebih baik serta semakin meningkat dalam menebar manfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Rasa penuh syukur juga disampaikan oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Kity Karenisa. Kity menjelaskan bahwa Gedung Kantor Bahasa Provinsi Maluku yang berlokasi di Jalan Laksamana Muda Leo Wattimena, Kota Ambon ini dibangun dalam kurun waktu 292 hari kalender dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp29,7 Miliar.

Setelah dilakukan peletakan batu pertama pada tanggal 21 Maret 2023 lalu, gedung tiga lantai seluas 1.951,3 meter persegi yang berdiri di atas tanah seluas 1.936 meter persegi ini akhirnya diresmikan untuk digunakan sebagai Kantor Bahasa Provinsi Maluku yang nantinya akan menebar manfaat kepada masyarakat.

Meskipun diresmikan pada Desember 2023, Kantor Bahasa Provinsi Maluku baru akan ditempati pada awal Januari 2024 mendatang karena masih ada beberapa persiapan dan penataan yang harus dilakukan.

"Sekitar tiga minggu lagi secara resmi akan menempati kantor ini. Dengan memiliki gedung baru kita berupaya bekerja dan memberikan pelayanan sebaik mungkin. Dengan energi baru kita ciptakan karya-karya yang baru," ungkap Kity dengan penuh optimis.

Kity mengakui bahwa sejak tahun 2010, Kantor Bahasa Provinsi Maluku tidak memiliki gedung kantor sendiri sehingga sering berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lain sebanyak enam kali. Sebelumnya Kantor Bahasa Provinsi Maluku berada di Kompleks LPMP Maluku Jalan Tihu, Wai Lela, Rumah Tiga, Kota Ambon, Maluku.

“Akhirnya hari ini diresmikan kantor baru tiga lantai yang juga gedung pertunjukan seni budaya yang bisa dimanfaatkan bersama. Kita berencana untuk ada pementasan rutin dari rekan-rekan komunitas,” tambah Kity.

Setelah peresmian, diadakan juga pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi di lingkungan Kantor Bahasa Provinsi Maluku serta penandatanganan piagam komitmen bersama pembangunan zona integritas oleh pemangku kepentingan dan para staf. (Tim Bahasa/Editor: Denis)
Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 1943 kali